Banyak Manfaat Air Kunyit yang Bermanfaat Bagi Tubuh yang Perlu Kamu Ketahui Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Senin 27-05-2024,05:14 WIB
Reporter : Nasim
Editor : Dony Widyo

4. Membantu gangguan pada sistem pencernaan.

Membantu mengatasi gangguan pencernaan juga merupakan salah satu khasiat kunyit yang bermanfaat, yang sayang untuk dilewatkan.

Dipercaya bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit meningkatkan produksi lendir atau selaput lendir yang melindungi selaput lendir dinding lambung dari kerusakan oleh enzim pepsin dan asam lambung, yang dapat membantu meringankan dispepsia dan meminimalkan risiko sakit maag.

Kunyit juga mengandung antioksidan dan zat anti inflamasi yang dapat membantu meningkatkan fungsi otot-otot saluran pencernaan.

Kunyit dipercaya dapat membantu mengatasi perut kembung dan sindrom iritasi usus besar. 

Selain itu, menurut Jurnal Medis Internasional BMC Complementary and Alternative Medicine, kurkumin dari ekstrak kunyit dapat mengurangi risiko kerusakan hati akibat paparan racun berlebih.  

5. Membantu menurunkan berat badan

Karena kunyit mengandung senyawa anti inflamasi, konsumsi dalam jumlah sedang dapat menekan reaksi peradangan pada sel-sel tubuh, salah satunya adalah peradangan akibat obesitas.

Kunyit juga memiliki efek antioksidan yang dapat menghambat proses diferensiasi adiposit, sel-sel tubuh yang menyimpan energi dalam bentuk lemak.

6. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Salah satu manfaat kesehatan kunyit yang sama pentingnya adalah kemampuannya untuk meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Karena kurkumin yang terkandung dalam kunyit dapat membantu melindungi endotelium atau selaput lendir pembuluh darah dari kerusakan, yang memungkinkanmu untuk mengoptimalkan kerja jantung, yang memompa darah ke seluruh tubuh.

Kunyit juga dipercaya mengandung antioksidan dan zat anti inflamasi yang membantu mengurangi gejala penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), asma, dan fibrosis paru.

BACA JUGA:2 Cara Pakai Kunyit untuk Memutihkan Wajah Kusam dan Flek Hitam, 3 Bahan Alami Bikin Glowing Permanen

BACA JUGA:3 Cara Pakai Kunyit untuk Wajah Usia 50 Tahun Ke Atas, Kulit jadi Kencang Bebas Flek Hitam dan Awet Muda

7. Membantu mengontrol kadar gula darah

Kategori :