Perumda Sendang Kamulyan Diminta Tak Hanya Kejar Keuntungan Saja, Tapi Juga Menjaga Kelestarian Alam

Sabtu 27-07-2024,16:37 WIB
Reporter : Dony Widyo
Editor : Dony Widyo

BATANG - Langkah Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Sendang Kamulyan yang ikut menjegal kelestarian alam dan juga membantu masyarakat, mendapat apresiasi dari Penjabat (Pj) Bupati Batang, Lani Dwi Rejeki.

Pj Bupati berharap agar Perumda tidak hanya mengejar keuntungan saja, namun bisa terus berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam, terutama sumber mata air.

"Saya berharap agar Perumda Sendang Kamulyan tidak hanya mengejar keuntungan saja, namun juga harus berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian alam," kata Pj Bupati Lani Dwi Rejeki dalam sambutannya pada acara peringatan hari ulang tahun ke-31 Perumda, di Objek Wisata Sikemabang Kecamatan Blado, Sabtu 27 Juli 2024. 

Menurut Pj Bupati selama ini Perumda Sendang Kamulyan telah menunjukkan komitmennya dalam menjegal kelestarian alam, yaitu dengan menanam ribuan pohon setiap tahunnya.

BACA JUGA:Tahap Awal, Investasi yang Masuk KIT Batang Mencapai Rp14 Triliun dan Menyerap 19 Ribu Pekerja

BACA JUGA:Waspada, Batang Siaga Darurat Musim Panas Hingga Agustus

"Setiap tahun dalam rangka peringatan hari ulang tahun, ratusan bibit pohon ditanam oleh Perumda Sendang Kamulyan untuk memastikan lingkungan tetap hijau dan asri. Seperti pada hari ini, kita menanam bibit kopi guna menjaga kelestarian alam," terang Lani Dwi Rejeki.

Lani Dwi Rejeki berharap agar penanaman pohon yang dilakukan setiap tahunnya tidak hanya sebatas seremonial saja, namun juga harus dirawat agar bisa tumbuh subur. Dengan begitu, nantinya pohon yang telah tumbuh besar akan membawa manfaat pada generasi yang akan datang.

"Diharapkan dengan kegiatan ini juga dapat mencegah kerusakan sumber daya alam, khususnya sumber daya hutan. Selain itu juga menanamkan budaya menanam pohon sebagai sikap hidup bangsa Indonesia," tegas Lani.

Pada ulang tahun ke-31, Perumda Air Minum Sendang Kamulyan sendiri melakukan penanaman dan memberikan bantuan ribuan bibit pohon kopi dan jengkol. Bibit tersebut disebar ke beberapa wilayah di Kabupaten Batang.

Bantuan bibit kopi dan jengkol tersebut ditanam oleh paguyuban petani kopi dan masyarakat , agar bisa bermanfaat bagi lingkungan dan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. 

"Hasil dari pohon-pohon kopi ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani dan masyarakat sekitar," harap Pj Bupati.

Lani juga berharap kepada Perumda Air Minum Sendangkamulyan di HUT ke-31 ini agar kinerja yang sudah baik bisa ditingkatkan lagi, khususnya dalam memberikan pelayanan air kepada masyarakat. 

Sementara itu, Direktur Perumda Air Minum Sendangkamulyan, Yulianto, menjelaskan bahwa tahun ini telah didistribusikan sekitar 20 ribu bibit pohon kopi, dan 2 ribu bibit pohon jengkol. 

"Untuk bantuan bibit kopi terdiri dari varietas Liberika untuk daerah pantai, dan Arabica serta Robusta untuk daerah pegunungan. Dan lahan di Batang ini memang subur, sehingga InsyaAllah bibit yang ditanaman bisa tumbuh dengan baik," terang Yulianto.

Kategori :