Final Lomba LCC LP Ma'arif NU Kota Pekalongan, Pendidik dan Peserta Didik Beradu Wawasan Ke-NU-an

Selasa 17-09-2024,14:19 WIB
Reporter : Wahyu Hidayat
Editor : Wahyu Hidayat

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID - Lembaga Pendidikan Ma'arif Nahdlatul Ulama (LP Ma'arif NU) Kota Pekalongan menyelenggarakan grand final Lomba Cerdas Cermat (Lomba LCC) untuk pendidik dan peserta didik dalam rangka memperingati Harlah ke-95 LP Ma'arif NU, Selasa, 17 September 2024.

Lomba diadakan di dua lokasi, yakni di SMK Syafi'i Akrom dan di SMP Sains Cahaya Al-Qur'an Kota Pekalongan, Jalan KH Akrom Khasani, Jenggot, Pekalongan Selatan.

Final Lomba LCC dalam rangka Harlah ke-95 LP Ma'arif NU ini diikuti oleh tim yang berhasil lolos babak penyisihan yang digelar di Gedung Aswaja pada 5 September 2024 lalu.

Peserta grand final Lomba LCC untuk pendidik ada lima tim, yang mana masing-masing tim terdiri dari tiga orang guru. Terdiri dari tim MII Banyurip Ageng 02, MSI 14 Medono, MSI 04 Bandengan, MIS Kuripan Lor, dan SMP Wahid Hasyim.

Sedangkan untuk peserta didik, masing-masing lima tim untuk tiap jenjangnya. Mulai dari jenjang MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK.

Pada jenjang MI/SD, final diikuti oleh siswa dari MIS Hifal, MII Banyurip Ageng 02, MINU Buaran, MII Pringlangu 01, dan SD Islam Nusantara.

Jenjang MTs/SMP, diikuti oleh siswa dari SMP Wahid Hasyim, MTs IN, MTs Hifal, SMP Sains Cahaya Al-Qur'an, dan MTs Ribatul Muta'allimin.

Sedangkan jenjang MA/SMA/SMK, diikuti siswa dari MA Hifal, MA Al-Mubarok, SMA Hasyim Asyari, MA Hishna, dan SMK Syafi'i Akrom.

BACA JUGA:LP Ma'arif NU Kota Pekalongan Gelar Workshop Pembelajaran Berdiferensiasi

BACA JUGA:LP Ma'arif NU Kota Pekalongan Serahkan Donasi untuk Warga Palestina lewat LAZISNU

Final Lomba LCC ini berlangsung meriah. Setiap peserta dari masing-masing tim beradu kecerdasan, kecermatan, dan kecepatan menjawab soal yang dilontarkan oleh dewan juri.

Soal-soal dalam Lomba LCC kali ini mengenai Ke-NU-an dan paham Ahlussunah Wal Jamaah. Para peserta berlomba untuk meraih nilai paling tinggi yang mana sekaligus menggambarkan sejauh mana mereka memahami berbagai hal tentang Ke-NU-an dan paham Aswaja An Nahdliyyah.

Ketua LP Ma'arif NU PCNU Kota Pekalongan, Muhammad Subhan, menjelaskan Lomba LCC ini merupakan rangkaian kegiatan memperintati Hari Lahir ke-95 LP Ma'arif NU tahun 2024 yang diadakan LP Ma'arif NU Kota Pekalongan.

"Alhamdulillah hari ini kita menggelar Grand Final Lomba LCC, yang mana beberapa waktu lalu penyisihan Lomba LCC telah kita gelar bersamaan dengan kegiatan donor darah," kata Subhan.

Dia menuturkan Lomba LCC digelar untuk level pendidik dan peserta didik dari tingkat MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA/SMK di lingkungan LP Ma'arif se-Kota Pekalongan.

Kategori :