Apel Hari Santri Nasional 2024: Santri Satu Komando, Satu Barisan Pertahankan NKRI

Apel Hari Santri Nasional 2024: Santri Satu Komando, Satu Barisan Pertahankan NKRI

PCNU Kota Pekalongan menggelar Apel Hari Santri Nasional 2024 di halaman Gedung Aswaja, Kota Pekalongan, Selasa, 22 Oktober 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.CO.ID – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2024, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan menggelar Apel Hari Santri di halaman Gedung Aswaja, Selasa, 22 Oktober 2024.

Dengan tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan," apel ini menegaskan pentingnya santri untuk tetap satu komando dan satu barisan dalam mempertahankan NKRI dan menjaga kelestarian Nahdlatul Ulama (NU).

"Apel ini adalah wujud syukur sekaligus pernyataan komitmen para santri. Harapannya, santri senantiasa menggalang persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dalam mempertahankan NKRI serta NU agar terus lestari hingga akhir zaman," ujar Pj Rais Syuriah PCNU Kota Pekalongan, Kiai M Mujib Hidayat, seusai acara.

BACA JUGA:Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan: Peran Santri dalam Dinamika Bangsa

BACA JUGA:Hari Santri 2024, Pjs Bupati Pekalongan Ajak Santri Terus Berinovasi dan Berjuang Merengkuh Masa Depan

Apel HSN 2024 ini diikuti oleh jajaran Pengurus Cabang, mulai dari Syuriyah, Tanfidziyah, lembaga-lembaga, badan otonom, hingga MWCNU dan Pengurus Ranting NU se-Kota Pekalongan. Pj Ketua PCNU Kota Pekalongan, Muh Arif Wahyudi, bertindak sebagai pemimpin apel.

HSN yang diperingati setiap 22 Oktober merujuk pada Keputusan Presiden Joko Widodo. Tanggal ini dipilih karena mengacu pada Resolusi Jihad yang diserukan oleh KH Hasyim Asyari.

Kiai Mujib menambahkan, santri harus selalu berkhidmat kepada guru dan mencintai mereka, karena dari situ akan muncul niat tulus untuk kemaslahatan umat, NU, dan NKRI.

BACA JUGA:Sah! Ponpes Al Maliki Pekalongan Miliki Izin Operasional dari Kemenag

Selain itu, Kiai Mujib menyampaikan bahwa pesantren di Kota Pekalongan kini berkembang pesat dan terus berinovasi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, tidak hanya bagi pesantren, tapi juga untuk lingkungan sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: