Inilah Deretan Olahraga yang Disarankan untuk Penderita Asam Urat, Bisa Cegah Nyeri Sendi Kambuh!

Selasa 08-10-2024,10:35 WIB
Reporter : Maiyang Resmanti
Editor : Dony Widyo

RADARPEKALONGAN.CO.ID – Inilah deretan olahraga yang disarankan untuk penderita asam urat. Salah satu olahraga yang disarankan adalah bersepeda.

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Biasanya, penderita asam urat akan mengeluhkan nyeri sendi, sendi kaku, sendi bengkak, dan sendi sulit digerakkan apabila penyakit ini kambuh.

Nyeri sendi dapat kambuh apabila kadar asam urat dalam tubuh mengalami kenaikan. Umumnya, asam urat akan dikeluarkan tubuh melalui urine. 

Akan tetapi, asam urat yang berlebih dan tidak disaring dengan baik oleh ginjal dapat menumpuk. Tumpukan asam urat ini lama-lama akan mengkristal. Kristal asam urat inilah yang membuat sendi menjadi nyeri.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Nanas Setiap Hari yang Tidak Hanya untuk Mengatasi Asam Urat

BACA JUGA:Selain Minum Obat, Inilah 5 Kebiasaan yang Dapat Mencegah Asam Urat Agar Tidak Kambuh yang Wajib Dilakukan!

Supaya asam urat tidak kambuh, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah olahraga secara rutin. Lantas, apa saja olahraga yang dapat dilakukan penderita asam urat? 

Deretan Olahraga yang Disarankan untuk Penderita Asam Urat

1. Yoga

Yoga merupakan olahraga yang disarankan untuk penderita asam urat. Gerakan yoga membantu meningkatkan kelenturan tubuh dan kekuatan otot. 

Tidak hanya itu saja, yoga dapat menenangkan pikiran, mengelolanya supaya lebih tertata, dan memungkinkan untuk tidur lebih nyenyak.

BACA JUGA:Awas 6 Minuman Lezat dan Menyegarkan yang Bisa Memicu Penyakit Asam Urat dalam Tubuh, Segera Hindari Ya!

BACA JUGA:Awas, Ini Dia 5 Makanan Enak yang Dapat Memicu Penyakit Asam Urat yang Wajib Diwaspadai!

2. Senam Ringan 

Olahraga yang disarankan untuk penderita asam urat selanjutnya adalah senam ringan. Fungsi dari senam ringan ini antara lain dapat menjadikan sendi lebih mudah digerakkan dan lebih fleksibel.

Kategori :