Fatal! Ini 5 Kesalahan Saat Interview Kerja yang Sering Dilakukan Oleh Fresh Graduate, Ancam Nasib Kariermu!
Kesalahan saat interview kerja yang sering dilakukan oleh fresh graduate--freepik.com
Besar kemungkinan wawancaramu akan hancur jika kamu melakukan kesalahan ini.
Mengenakan pakaian yang tidak sopan
Apa yang kamu pakai akan mencerminkan dirimu. Begitupun ketika kamu berpakaian tidak sopan, maka orang akan cenderung menilaimu demikian pula.
Maka, meski dalam undangan wawancara tidak dicantumkan dress code yang harus kamu kenakan, tetaplah berusaha tampil dengan style yang sopan.
Kamu bisa mencari aman dengan menggunakan pakaian formal seperti kemeja, setelah blazer, maupun jas.
Hindari menggunakan celana jeans, kaos, sneakers, dan outfit lain yang terlalu kasual bahkan menyerempet santai.
Kamu mungkin biasa menggunakannya di perkuliahan dan tidak ada yang mempermasalahkannya. Akan tetapi, berbeda jika kamu berada di dunia profesional, terlebih sebagai pelamar kerja.
BACA JUGA 5 Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate, Tarik Hati Recruiter Meski Belum Berpengalaman!
Menjawab pertanyaan dengan template hafalan
Bisa dimengerti bahwa wawancara kerja bisa jadi merupakan hal yang baru untukmu. Hal itu membuatmu mempersiapkan jawaban untuk kemudian menghafalnya.
Akan tetapi, sebenarnya itu merupakan hal yang salah dan termasuk bagian dari kesalahan saat interview kerja yang sering dilakukan oleh fresh graduate.
Contohnya adalah ketika kamu memperkenalkan diri dengan template jawaban yang substansinya sama persis dengan apa yang kamu tulis di daftar riwayat hidup, maka pewawancara cenderung tidak akan tertarik denganmu.
Akan lebih baik jika kamu memperekenalkan diri dengan informasi terbaru dan relevan, misalnya tentang capaian dan kesibukanmu satu tahun terakhir, atau bagaimana pengalaman organisasi tertentu membuatmu layak untuk menempati posisi yang kamu lamar.
Tidak mengelaborasi jawaban
Jangan jawab pertanyaan wawancara dengan terlalu singkat dan tidak informatif. Hal tersebut besar kemungkinan akan membuat pewawancaramu bosan bahkan menilai bahwa kamu bukan orang yang komunikatif.
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

