Menghidupkan Matematika Melalui Permainan Jamuran di Kelas 3 MSI 05 Sampangan Kota Pekalongan
Siswi Kelas 3 Madrasah Salafiyah Ibtidaiyah (MSI) 05 Sampangan, Pekalongan tengah memainkan permainan tradisional jamuran.-Istimewa -
- Mengembangkan kemampuan berpikir cepat dan logika matematika
- Melestarikan budaya lokal melalui permainan tradisional
Langkah Menuju Pendidikan yang Humanis dan Kontekstual
Penerapan permainan jamuran dalam pembelajaran matematika ini menjadi contoh nyata bagaimana pendekatan kontekstual dan budaya lokal dapat diintegrasikan dalam kurikulum.
MSI 05 Sampangan membuktikan bahwa pembelajaran tidak harus selalu formal dan kaku; justru dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, hasil belajar bisa lebih optimal.
Diharapkan metode ini bisa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengeksplorasi permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang kreatif, menyenangkan, dan bermakna.
Penulis,
Moch. Rizal, Guru MSI 05 Sampangan dan Mahasiswa MPGMI UIN Gusdur Pekalongan
Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News
Sumber:

