iklan banner Honda atas

Mudahnya Belajar Teks Prosedur dengan Media Audio Visual

Mudahnya Belajar Teks Prosedur dengan Media Audio Visual

Artikel Oleh :Nasirin, S.Pd.SD, Guru Kelas IV SD Negeri 01 Sidoharjo, Kabupaten Pekalongan-FOTO-Dok. Nasirin

Oleh Nasirin , S.Pd.SD

Bahasa merupakan sarana berkomunikasi untuk memperoleh informasi yang penting. Penguasaan berbahasa dapat diperoleh melalui pembelajaran. Pembelajaran bahasa bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa baik secara lisan maupun tulisan. Keterampilan berbahasa itu adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

Dilihat dari proses pemerolehannya, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang paling akhir dan paling sulit untuk dikuasai dibandingkan keterampilan lainnya.

Meskipun keterampilan menulis dianggap sebagai keterampilan berbahasa yang paling sulit dan kompleks, tetapi keterampilan menulis ini sangatlah penting untuk dikuasai siswa. Menulis adalah kemampuan mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan kepada pihak lain melalui bahasa tulis.

Ketepatan pengungkapan gagasan harus didukung dengan ketepatan bahasa yang digunakan, kosakata dan tata bahasa dan penggunaan ejaan. Sedangkan menurut Tarigan (2008:3) menjelaskan menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dapat digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain.

Dalam kegiatan menulis guru harus menerapkan media pembelajaran yang menarik supaya siswa tertarik dalam pembelajaran serta merasa senang ketika membuat tulisan karena keterampilan menulis ini sangatlah penting untuk dikuasai siswa. Seperti halnya yang terjadi di kelas empat SD Negeri 01 Sidoharjo, pada pembelajaran menulis khususnya materi teks prosedur siswa mengalami kesulitan, siswa tidak fokus dalam pembelajaran dikarenakan dalam menyampaikan materi guru menggunakan metode konvensional yaitu ceramah. 

Karena hanya menekankan pada metode ceramah pembelajaranpun menjadi abstrak sehingga menyebabkan siswa menjadi sekedar penerima informasi yang pasif.  Penulis melakukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan media audio visual agar siswa lebih semangat, aktif serta mudah memahami pembelajaran. 

Media audio visual merupakan media pembelajaran yang pemakaiannya dilakukan dengan cara diproyeksikan melalui arus listrik dalam bentuk suara serta media yang diproyeksikan ke layar monitor dalam bentuk gambar dan suara. Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang yang lebih baik.

Langkah yang dilakukan penulis untuk menerapkan media audio visual adalah  mengamati dan bertanya jawab tentang menulis teks prosedur. Kemudian mengamati dan mengidentifikasi masalah dari video yang di tayangkan tentang cara membuat tempat pensil dari botol bekas.

Setelah itu siswa mengorganisasi data/bahan yang dapat digunakan dalam mememcahkan masalah tentang cara membuat pensil dari botol bekas. Siswa berdiskusi bersama kelompok dan hasil diskusi disajikan sebagai karya. Presentasi hasil diskusi dan menyajikan karya, Kelompok lain menanggapi hasil pekerjaan kelompok lain, dan menyimpukan hasil dari pekerjaan semua kelompok.

Dengan belajar menulis teks prosedur menggunakan media audio visual diharapkan dapat merangsang keterampilan berpikir siswa melalui gambar dan suara yang kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Serta mempermudah siswa dalam menulis teks prosedur dikarenakan media audio visual digunakan untuk menayangkan suatu peristiwa sebagai gambaran siswa tentang tujuan dan langkah-langkah dalam teks prosedur.(*)

Penulis adalah Guru Kelas IV SD Negeri 01 Sidoharjo, Kabupaten Pekalongan

 

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: