Cegah Stunting, Catin Dibekali Deteksi Dini Lewat Elsimil

Cegah Stunting, Catin Dibekali Deteksi Dini Lewat Elsimil

BATANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Batang melalui Petugas Lapangan KB (PLKB) gencar mensosialisasikan aplikasi Elektronik Siap Nikah Siap Hamil (Elsimil). Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa mendapatkan edukasi seputar kesehatan reproduksi, kesiapan kehamilan, kesiapan pra nikah, hingga kontrasepsi.

Kepala DP3AP2KB Batang melalui Ketua IPeKB Batang, Dulgani menyebut aplikasi ini khususnya menyasar calon pengantin (catin). Sehingga nantinya mereka terbekali untuk pencegahan stunting dan mempersiapkan kehamilan.

"Aplikasi ELSIMIL ini membantu deteksi dini terhadap kesehatan Catin untuk mitigasi risiko melahirkan bayi stunting. Setiap pasangan Catin akan mendapat pendampingan dari petugas pendamping yang sesuai dengan wilayah domisili para Catin," ujar Dulgani saat diwawancarai, Kamis (25/8/2022).

Dalam aplikasi ini, catin diharuskan mengisi kuesioner. Pasangan catin dapat mengetahui hasil pemeriksaan kesehatan calon pasangan, bisa saling mengingatkan dan secara bersama-sama memperbaiki kualitas kesehatan
agar terhindar dari risiko melahirkan anak stunting.

"Kami dibantu Kemenag Batang bersama berkolaborasi untuk memberikan edukasi Elsimil ke calon pengantin. Salah satunya dengan adanya edukasi Elsimil saat pembinaan kegiatan Pra nikah dari KUA," imbuh Dulgani.

Pihaknya berharap dengan adanya aplikasi ini setiap catin bisa berencana dalam membangun rumah tangganya. Termasuk dalam mempersiapkan kehamilan dan mengatur masa depan rumah tangga. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: