Cegah Tangkal ISIS, Sat Intelkam Polres Pekalongan Kota Lakukan Silaturahmi ke Tokoh

Cegah Tangkal ISIS, Sat Intelkam Polres Pekalongan Kota Lakukan Silaturahmi ke Tokoh

KOTA - Satuan Intelkam Polres Pekalongan Kota terus rutin melakukan upaya dalam mencegah dan menangkal berkembangnya paham radikalisme dan paham-paham lainnya yang bisa mengganggu kondusivitas wilayah dan membahayakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Termasuk pula, menangkal muncul dan berkembangnya gerakan pro ISIS (Islamic State In Irak and Syria) di wilayah hukum Polres Pekalongan Kota.

Upaya yang dilakukan, antara lain dengan bersilaturahmi ke sejumlah tokoh maupun melakukan penggalangan, pembinaan, imbauan, dan penyuluhan ke berbagai elemen masyarakat di Kota Pekalongan.

Sebagaimana yang dilakukan anggota Sat Intelkam Polres Pekalongan Kota, kemarin. Anggota melakukan silaturahmi dan berdialog dengan salah satu tokoh.

Kapolres Pekalongan Kota AKBP Egy Andrian Suez, melalui Kasat Intelkam AKP Mohammad Bisri, menuturkan pihaknya intens turun langsung ke berbagai kalangan masyarakat, seperti tokoh agama maupun tokoh masyarakat.

"Berbagai upaya kami lakukan dalam mencegah paham radikalisme termasuk pula mencegah gerakan pro ISIS, dalam bentuk penyuluhan dan imbauan ke kelompok masyarakat maupun individu," ungkapnya.

Diterangkan bahwa Paham Radikalisme dan Paham ISIS sangat berbahaya karena dapat mengancam keutuhan NKRI dan mengubah ideologi Pancasila karena paham tersebut memiliki ideologi (ide atau gagasan), yang ingin melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik dengan menggunakan cara-cara kekerasan.

Sat Intelkam, imbuh AKP Mohammad Bisri, terus berperan aktif dalam melaksanakan deteksi dini serta menggali informasi di masyarakat terkait segala hal yang bisa menimbulkan gangguan kamtibmas maupun kondusivitas wilayah.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat apabila mengetahui gerak-gerik seseorang atau kelompok yang mencurigakan segera menghubungi Kantor Polisi terdekat.

"Harapan kami agar masyarakat dapat saling membantu dalam pencegahan Paham Radikalisme, Anti Pancasila, pro gerakan ISIS, dan agar masyarakat selalu waspada terhadap lingkungan di sekitarnya. Mari bersama-sama ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," imbuhnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: