Ciri Khas, Uji Tahfidz dan Bacaan Sholat

Ciri Khas, Uji Tahfidz dan Bacaan Sholat

BUARAN - Setiap sekolah mempunyai ciri khas tersendiri dalam melakukan seleksi penerimaan siswa baru, termasuk MTs Azzaky dengan 2 tahapan tes. Seperti dengan tes lisan yang mengukur kemamampuan tahfidz dan bacaan sholat.

KERJA - Calon peserta didik baru Mts Azzaky sedang fokus mengerjakan soal tes. MALEKHA

Demikian disampaikan Panitia PPDB Khifnil Mubarok, kepada Radar Pekalongan, Kamis (27/6). "Jadi memang di Mts Azzaky ini ada 2 tahapan tes, tahap 1 tes tulis untuk menguji pengetahuan akademik dan keagamaan, serta tahap 2 yang menjadi ciri khas Mts ini yaitu kemampuan tahfidz dan bacaan sholat," ungkap laki-laki yang akrab disapa Khifnil.

Uji tahfidz disini, tidak dititikberatkan pada seberapa banyak hafalan yang dibawa, melainkan tartil bacaan saat melafalkan serta kemampuan melakukan sholat wajib sebagai seorang muslim.

"Karena kami ini kan basisnya alquran, yang nantinya 3 tahun para siswa yang belajar disini akan mengantongi hafalan sebanyak 6 juz. Dari kami memang memiliki standar penilaian sendiri, yaitu dari sekian tes yang diujikan siswa harus memperoleh nilai minimal 70. Maka kurang dari itu tidak bisa kami terima," tuturnya.

Pihaknya menambahkan bahwa Mts Azzaky membuka pendaftaran melalui jalur prestasi dan disediakan pula beasiswa dengan ketentuan, yaitu pernah menjuarai perlomba tingkat Kota/ Kabupaten serta hafal alquran minimal 3 juz.

"Hari ini adalah hari terakhir gelombang ke 2, sementara peserta yang sudah masuk melalui gelombang 1 ada sekitar 80an peserta dari 95 yang telah mendaftar. Jadi kami masih menyediakan kuota sebanyak 120 siswa lagi," terang Khifnil.

Sementara itu, Kepala MTs Azzaky H Muhlisin Lc menegaskan, ia tidak ingin menciptakan kesan negatif di lingkungan sekolah, sehingga proses seleksi harus bersih dan tidak ada campur tangan pihak dalam.

"Untuk mengantisipasi kecurangan ataupun kesan negatif pada saat proses seleksi, kami memang mensyaratkan nilai dengan standar rata-rata 70 yang diambil dari nilai tes tertulis dan tes lisan," ujarnya.

Muhlisin berharap, adanya tes ini bisa menjaring input siswa yang berkualitas agar program-program di MTs Azzaky bisa berjalan dengan baik, terlebih untuk program tahfidz quran. Sehingga mampu menghasilkan output siswa yang bewawasan luas, baik dari sisi keagamaan maupun umum. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: