PPDB Online SMPN, Orang Tua Rela Menginap Di Sekolah Favorit

PPDB Online SMPN, Orang Tua Rela Menginap Di Sekolah Favorit

Sistem zonasi yang ditetapkan oleh Kementrian Pendidikan yang dimulai hari ini, 17-21 Juni 2019 membuat ratusan orang tua ikut sibuk. Beberapa SMP Negeri yang dianggap favorit, tetap saja menjadi pilihan para lulusan SD melanjutkan studinya.

Sejumlah orang tua murid rela menginap di depan sekolah favorit guna mendaftarkan anaknya. (RmolJateng)

Bahkan mereka rela menginap di sekolah-sekolah yang dianggap favorit.

Gunadi, salah satu orang tua yang menginap di SMPN 2 Purworejo mengatakan, dirinya dan orang tua lain rela menginap di sekolah supaya mendapat nomor urut awal.

"Kami tadi malam berinisiatif membuat nomor urut sesuai kedatangan kami. Karena zona utama (Kelurahan Sindurjan, Baledono, Purworjo) di SMPN 2 ini hanya akan menerima 45 murid. Jadi kami harus berebut mendapat nomor awal," kata warga Kelurahan Sindurjan ini, seperti dilansir rmoljateng.com.

Rebutan nomor antri ini disebabkan karena sistem zonasi pendaftaran memang berlabel online, tapi peserta harus menyerahkan bukti fisik. Siapa yg terdahulu menyerahkan maka kemungkinan besar akan diterima.

Orang tua lain, Aji, mengatakan bahwa dia bersama anaknya, Nayla Chandra, telah mengantri sejak pukul 06.30 WIB. Dia memang tidak ikut menginap karena bukan dari zona utama.

"Tadi anak saya mendapat nomor urut 89 untuk menginput data secara online. Saya yakin anak saya bisa diterima di SMPN 2 ini dengan NEM 25,05 plus piagam juara 1 tingkat Kabupaten Purworejo jadi dapat tambahan poin 15," terang Aji yang anaknya merupakan lulusan SDN Boro Kulon, Kecamatan Banyurip ini.

Kepala Sekolah SMPN 2, Yoshianti Wahyuningtyas menjelaskan bahwa sekolahnya dapat menampung 224 siswa baru.

"Perinciannya kuota zona utama 20%, zona 1 (Kecamatan Purworejo, Banyuurip dan Kaligesing) 50% atau 112 siswa dan zona 2 sebanyak 15%," terang Yoshianti di sela-sela mengawasi PPDB Online.

Zona 2 meliputi siswa pindahan, siswa berprestasi dan siswa dari luar kota. Dari pantauan dua sekolah favorit di Purworejo yakni SMPN 2 dan 4, PPDB online hari pertama ini berjalan lancar. (rmoljateng)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: