Pasca Rob, Pembenahan Tanggul Mulai Digarap

Pasca Rob, Pembenahan Tanggul Mulai Digarap

*DPUPR Mulai Perbaiki Tanggul Sungai Bremi di Pabean

PEMBUATAN TANGGUL - Pembuatan tanggul di pinggir Sungai Bremi lokasi di Pabean RW 12, kelurahan Padukuhan Kraton, Rabu (17/6/2020).

PADUKUHAN KRATON - Setelah pembuatan tanggul sementara hasil swadaya warga Pebean, Kelurahan Padukuhan Kraton, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, sebagai upaya pencegahan air Rob masuk pemukiman masyarakat, kini bantuan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan akhirnya tiba di sana. Bantuan sendiri berupa tanah merah dan juga karung.

Hal tersebut diungkapkan Abdul Cholick, Lurah Padukuhan Kraton, material berupa tanah merah dan karung sudah mulai datang. Warga pun menyambut sigap dengan gotong royong bersama melanjutkan pembuatan tanggul sementara di pinggiran Sungai Bremi tersebut. "Hari ini ada kegiatan memperbaiki tanggul Sungai Bremi lokasi di Pabean Rw 12," ungkapnya, Rabu (17/6/2020).

Seperti diketahui sebelumnya, Pabean RW 12 merupakan salah satu lokasi di Padukuhan Kraton yang cukup parah terdampak banjir rob. Diduga air rob tersebut merupakan luapan dari Sungai Bremi yang meluber hingga melewati tanggul.

Pembuatan tanggul tersebut merupakan upaya pencegahan pasca rob melanda wilayah Padukuhan Kraton. Perbaikan tanggul tidak hanya dari Pemerintah Kota Pekalongan saja, melainkan swadaya masyarakat Pabean juga turut andil di dalamnya. "Perbaikan tanggul juga ada swadaya warga, entah itu berupa material tanah, tenaga bahkan konsumsi untuk pekerja, "terangnya.

Pihak aparat kelurahan tentu berterima kasih kepada pihak Pemkot Pekalongan yang sigap membantu perbaikan tanggul tersebut. Pihaknya berharap dengan penanganan pasca rob, berupa perbaikan tanggul Sungai Bremi ini ke depan akan mampu menghalau luapan air Sungai Bremi di kemudian hari, sehingga mengurangi beban warga yang terdampak rob di Kelurahan Padukuhan Kraton. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: