Menuju Desa Mandiri, Curug Terus Berinovasi

Menuju Desa Mandiri, Curug Terus Berinovasi

TIRTO - Desa Curug, Kecamatan Tirto, terus berinovasi untuk memberdayakan masyarakatnya. Mereka ingin agar Curug berkembang menjadi desa yang mandiri sejahtera.

"Di Curug sendiri saat ini sudah memiliki usaha desa berupa Toko Berkah Jaya yang menjual buku dan alat tulis lengkap. Sedangkan untuk fasilitas layanan, kami sudah memiliki Pos Kesehatan Desa yang buka setiap hari selasa, disediakan pula obat-obatan gratis untuk warga. Di sini juga ada taman baca, serta sarana olah raga di belakang balai desa," ungkap, Agus Setiawan, Kasi Pemerintahan Desa Curug, saat ditemui Radar di kantornya, Kamis (17/9/2020).

Untuk fasilitas olah raga sendiri meliputi tenis meja, badminton hingga voli. "Tidak hanya satu lokasi saja untuk sarana olahraga, untuk sarana voli bahkan ada di dua lokasi," lanjutnya.

Pemdes Curug juga terus menambah dan membenahi fasilitas publik. Bahkan, baru-baru ini telah dilaunching Pasar Karamel (Karang Melik), yang tak lain pasar jajanan.

"Ini BUMDes, lokasinya di Dukuh Karang Melik. Sudah diresmikan Bapak Bupati langsung, barangkali ke depan karena tempatnya strategis bisa jadi ramai pasarnya," terang Agus.

Menurutnya, Pasar Karamel tidak hanya menjadi pusat perdagangan, melainkan juga ruang publik bagi warga. "Nanti di belakang pasar kita bangun taman, sudah dikonsep. Kemarin juga kita tawarkan tempat perlombaan burung untuk mewadahi hobi masyarakat," jelasnya.

Pasar Karamel sendiri 70% nya sudah dimanfaatkan warga Curug sendiri, sementara 30% sisanya dari luar. Karena semangat awalnya memang untuk mendorong perekonomian masyarakat. Monggo, yang minat bisa mendaftar ke BUMDes," ajak Agus.

Selain pasar, Pemdes Curug juga ingin mengembangkan desa wisata.
"Karena ikonnya itu Curug, jadi ke depannya pengen bikin air terjun (curug), tapi modelnya itu KW atau buatan, kita bikin seperti embung. Selain untuk wisata, saat musim kemarau juga bisa jadi cadangan air bagi petani," paparnya.

"Rencananya ditempatkan di utara desa, sudah ada 1 hektar untuk sementara ini. Kita berharap mungkin ada investor yang bisa masuk ke sini, untuk membantu kita kerjasama untuk pengembangan di desa Curug agar lebih maju ekonominya," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: