PCNU Bangun PAUD Percontohan Senilai Rp 1,1 Miliar

PCNU Bangun PAUD Percontohan Senilai Rp 1,1 Miliar

*Bantuan Kemendikbud untuk 13 Lembaga se Indonesia

PEMBANGUNAN - Ketua PCNU Kendal, KH Muhammad Danial Royyan, melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan PAUD Percontohan PCNU Kendal, kemarin.

KENDAL - PAUD Percontohan PCNU Kendal resmi dibangun di bilangan Jl Tentara Pelajar, Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kendal, yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Ketua PCNU Kabupaten Kendal, KH Muhammad Danial Royyan, Minggu (15/9). Lembaga pendidikan nonformal itu merupakan 1 dari 13 PAUD percontohan bantuan Kemendikbud RI di seluruh Indonesia.

Selain jajaran PCNU, acara peletakan batu pertama juga dihadiri perwakilan PBNU, Arifin Junaedi, Ketua LP Maarif NU Kendal, Ibnu Darmawan, dan lainnya.

Ketua LP Maarif NU Kendal, Ibnu Darmawan mengatakan, pendidikan usia dini menjadi salah satu concern program NU, utamanya menghadapi era revolusi industri 4.0. Sebab, usia dini merupakan tahap perkembangan paling penting, sehingga disebut sebagai The Golden Age. "Kepentingan untuk mendirikan PAUD ini sangat harus bagi PCNU," katanya.

Selain itu, pengembangan PAUD juga memiliki peluang kucuran bantuan dana dari pusat, tepatnya dari Dirjen PAUD Kemendikbud. Terlebih, PAUD percontohan itu hanya dibangun di 13 daerah, salah satunya di Kendal. "Dari 13 titik itu, hanya 2 yang swasta, yang satu NU dan satunya lagi dari Yayasan TNI," ungkap Ibnu.

Dia berharap, nantinya PAUD Percontohan PCNU Kendal dapat menjadi percontohan tidak hanya di Kendal atau Jateng, melainkan nasional. "Ini peluang bagus, makanya kita respon cepat. Sebab ada ratusan yayasan dan instansi daerah yang siap mengambilnya," terangnya.

Menurut Ibnu, PAUD yang akan dibangun itu nantinya akan memperhatikan kurikulumnya terkait kesehatan, gizi, tumbuh kembang, psikologi perkembangan anak, dan ajaran ahli sunnah wal jamaah (Aswaja), pengetahuan, dan ketrampilan.
"Nanti bisa berkolaborasi dengan RSNU, yang di dalamnya ada tenaga kesehatan dokter gigi, dokter anak, ahli gizi, dan ahli psikologi. Mereka nantinya bersinergi membangun anak-anak generasui NU jadi anak-anak yang kompeten," jelasnya.

Pembangunan PAUD dilaksanakan oleh Panitia Pembangunan Sekolah (P2S) Unit Gedung Baru (UGB) PAUD Percontohan PCNU Kendal. Pagunya sebesar Rp 1.128.000.000 yang bersumber dari APBN 2019 dan swadaya masyarakat Rp 100 juta. "Pekerjaan dimulai 15 September dan berakhir 15 Desember 2019," imbuh Ibnu.

Ketua PCNU Kendal, KH Muhammad Danial Royyan mengatakan, pihaknya menyiapkan tanah seluas 8000 meter persegi untuk dibangun RSNU Kendal dan PAUD. "Khusus PAUD dibangun di atas tanah seluas 1.000 meter persegi. Sementara pembangunan RSNU mudah-mudahan bisa terealisasi akhir tahun 2019," katanya.

Ditambahkan, pembangunanya akan dilaksanakan selama tiga bulan. Setelah bangunan rampung, pihaknya akan mengurus izin operasionalnya dan mulai tahun ajaran 2020/2021, lembaga pendidikan non formal tersebut sudah menerima peserta didik baru.

"Mohon kepada warga NU nantinya bisa berbondong-bondong untuk menitipkan anaknya yang masih usia dini di PAUD Percontohan NU. Kalau benar-benar meyakini dan mempercayai NU," pungkasnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: