Peduli Lingkungan, Telkom dan Mitra Binaan Tanam Pohon

Peduli Lingkungan, Telkom dan Mitra Binaan Tanam Pohon

TANAM POHON - Manager HR & CDC Telkom Witel Pekalongan bersama Mitra Binaan sedang melakukan penanaman pohon di Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kamis (21/3). WIZNA HIDAYATI UMAM

KOTA PEKALONGAN - PT Telkom Pekalongan melakukan kegiatan 'Employee Volunteer Program' yang bertajuk 'Penanaman pohon untuk Selamatkan Bumi' di Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Kamis (21/3). Penanaman pohon ini diikuti beberapa volunteer dari Telkom bersama Mitra Binaan Community Development Center (CDC) Witel Pekalongan.

Manager HR & CDC Witel Pekalongan, Djati Wiyono, menuturkan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Selain itu, penanaman pohon terseut menjadi cara Telkom berpartisipasi dengan mitra binaan dan masyarakat sekitar.

Dia menjelaskan, alasan dipilihnya Panjang Wetan sebagai lokasi penanaman pohon karena kelurahan tersebut merupakan salah satu wilayah di Kota Pekalongan yang rawan terkena dampak banjir rob. "Dengan penanaman pohon bertujuan menutup lahan kosong dan mencegah bencana banjir," katanya.

Setidaknya lebih dari 50 pohon yang akan ditanam di sekitar kelurahan Panjang Wetan. "Puluhan jenis pohon itu diharapkan bisa menyerap lebih banyak air hujan dan dapat meminimalisir banjir yang sering melanda wilayah setempat," harapnya.

Adapun pohon yang ditanam, diantaranya terdiri jenis buah-buahan seperti durian, jambu, dan mangga, serta tanaman kayu keras seperti sengon. "Tanaman jenis buah-buahan dipilih karena akan memberikan manfaat jika nantinya berbuah dan menghasilkan untuk warga sekitar," jelasnya.

Acara ditandai dengan penyerahan pohon secara simbolis oleh Manager HR dan CDC Witel Pekalongan, Djati Wiyono kepada Lurah Panjang Wetan, Trisnawati. Dilanjutkan dengan penanaman pohon yang diawali oleh Manager HR, Djati Wiyono, diikuti oleh para volunteer serta mitra binaan lainnya.

Bersamaan dengan kegiatan ini pula, Telkom menyerahkan SP3K Mitra Binaan untuk penyaluran program kemitraan Triwulan I tahun 2019 sebesar Rp1.115.000 kepada 17 Mitra Binaan se-Karesidenan Pekalongan.

Dijelaskan pula bahwa Telkom Pekalongan menggagas dan menjalankan program penanaman pohon sebagai bentuk komitmen Telkom terhadap masa depan yang berkelanjutan. Telkom tidak hanya mencari keuntungan namun ikut andil membantu masyarakat Pekalongan dan sekitarnya.

Selain kegiatan penanaman pohon, CDC Telkom Witel Pekalongan juga melakukan pelatihan dan pembekalan tentang marketing online oleh team IS kepada para mitra binaan Telkom. Setiap tahunnya sebanyak empat kali Telkom menyalurkan dan memberikan modal kepada UKM yang sudah terseleksi.

Lurah Panjang Wetan, Trisnawati, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Telkom dalam upaya peduli lingkungan di lingkungan Kantor Kelurahan Panjang Wetan. (ap1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: