Tunggu, Batang Command Center Segera Beroperasi

Tunggu, Batang Command Center Segera Beroperasi

MEWAH - Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser, bersama Kabid dan Kasi saat memantau langsung finishing penyiapan ruangan Batang Command Center, kemarin.

BATANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang terus menyeriusi implementasi program smart city dengan melengkapi berbagai daya dukung yang ada. Salah satunya melalui ikon Batang Command Center yang tidak lama lagi akan dioperasikan.

Batang Command Center sendiri nantinya menjadi semacam semacam pusat monitoring room yang mengawasi dan melayani masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Fasilitas yang dibangun di ruang eks Staf Ahli Bupati itu nantinya menyajikan visualisasi dan integrasi data, terutama yang berbasis online, yang disajikan bersamaan di layar lebar video wall.

"Ini akan jadi ikon Batang Smart City. Tetapi lebih dari itu, ada pusat monitoring sekaligus komando yang diharapkan bisa merespon laporan masyarakat secara cepat, karena nanti semua OPD pun terkoneksi di sini," ungkap Kepala Diskominfo Batang, Jamal Abdul Naser, di sela melihat progres penyiapan ruangan command center, Senin (9/12).

Menurut Jamal, Batang Command Center berfungsi sebagai pusat manajemen informasi Pemkab Batang berbasis online. Berbagai layanan aduan hingga kegawatdaruratan pun bisa dilayani, seperti call center 112, Public Safety Center (PSC) 119 si Slamet milik Dinkes, aplikasi lapor. Selain itu, layanan juga akan terintegrasi dengan instansi lain, seperti traffict lalu lintas milik Polres, CCTV di sejumlah jalur protokol, hingga permasalahan seperti sampah dan lainnya.

"Ya seperti harapan Pak Bupati dan kita semua, secara bertahap daya dukung infrastruktur smart city ini kita lengkapi. Termasuk hasil kerjasama kita dengan LKBN Antara untuk pengadaan videotron yang menyajikan konten nasional dan lokal, rencananya kita pasang di ujung selatan Jl Dr SUtomo dan nanti mungkin di MPP," terang Jamal.

Ruangan Batang Command Center sendiri telah dipersiapkan sejak awal September dan saat ini seluruh hardware beserta software telah terpasang seluruhnya. "Ya ini tinggal finishing, pembersihan ruangan saja. Insya Allah tidak lama lagi bisa dioperasikan," pungkas Jamal. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: