Meski Antri, Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

Meski Antri, Warga Antusias Ikuti Pengobatan Gratis

KOTA PEKALONGAN - Sebagai bentuk wujud nyata atas janjinya di bidang kesehatan, Walikota Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE telah menugaskan Dinas Kesehatan untuk menyelenggarakan pengobatan gratis kepada masyarakat.

BERSAMA - Walikota Pekalongan HM Saelany Machfudz SE berfoto bersama dengan Kepala Dinkes Slamet Budianto, SKM MKes, serta Ketua Panitia Mustofa Ilyas disela-sela acara pengobatan gratis. ABDURROHMAN

Untuk kali ini, pelayanan pengobatan gratis dilaksanakan di Madin Darul Ulum Kuripan, Kelurahan Kuripan Kertoharjo, Kecamatan Pekalongan Selatan, kemarin. Dengan menggandeng Lembaga Kesehatan NU, petugas Dinkes memberikan layanan pemeriksaan secara cuma-cuma.

Dalam pantuan, warga sangat antusias mengikuti pengobatan dan pemeriksaan kesehatan yang digelar Dinkes dan LKNU. Mereka pun tidak segan-segan antri untuk bisa mendapatkan nomor urut pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Walikota Pekalongan mengatakan, selain sebagai wujud melaksanakan visi dan misi Pemkot Pekalongan. Juga bertujuan untuk mendekatkan kebersamaan pihak pemerintah dengan masyarakat. "Acara ini diharapkan akan semakin mendekatkan pemerintah dengan warga masyarakat," ucapnya.

Walikota menegaskan, sudah berkali-kali Dinkes dan LKNU menggelar pengobatan gratis kepada masyarakat. Bahkan akan selalu dilaksanakan selama masyarakat masih membutuhkan. "Pemerintah akan selalu hadir dikala masyarakat butuh. Mengingat tugas kami ialah melayani masyarakat," tegasnya.

Kepala Dinkes, Slamet Budianto, SKM MKes mengaku senang dan bangga bisa bekerjasama dengan LKNU dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Kami mendukung sekali," jawabnya.

Slamet Budianto mengajak masyarakat untuk bisa mengikuti pemeriksaan gratis ini. Sehingga mereka dapat mengetahui sejak dini kondisi kesehatannya. Sekiranya memang ada gejala sakit, maka akan dapat tertangani dengan baik.

Sementara itu, Ketua Panitia Mustofa Ilyas menyampaikan, kegiatan pengobatan gratis ditujukan bagi warga Kuripan Kidul Gang 4 dan sekitarnya. Pelayanan yang diberikan berupa pemeriksaan kesehatan, ruqyah dan bekam. "Kami membuka pelayanan mulai pukul 08 sampai 12.00 untuk pengobatan medis. Namun untuk pelayanan bekam dan ruqyah ada tambahan waktu."

Mustofa berdoa, semoga Dinkes dan LKNU selalu diberikan kesehatan. Sehingga bisa melaksanakan kegiatan pengobatan gartis di tempat lain, seantero Kota Pekalongan.

Sobirin, 51, warga Kuripan mengaku sangat senang dengan pemeriksaan gratis ini. Ia berharap pemerintah bisa mengadakan pemeriksaan gratis lagi, sehingga dapat membantu meringankan beban mereka. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: