Pekalongan Punya Oleh-Oleh Makanan Khas

Pekalongan Punya Oleh-Oleh Makanan Khas

BERFOTO - Para pelaku UKM Oleh-oleh khas Pekalongan tengah perfoto dengan produk daganya di depan stand di Pekan Raya Kajen. DWI FUSTI HANA PERTIWI

KAJEN - Pekalongan tidak hanya terkenal akan oleh-oleh khas Batik saja, nyatanya makanan pun banyak yang khas disini. Berkunjung saja ke stand oleh-oleh khas Pekalongan di Pekan Raya Kajen, anda akan banyak menemukan olahan makanan dari makanan ringan, basah hingga inovasi makanan yang unik khas dari Pekalongan ada disana. Soal harga tenang dijamin terjangkau dan rasa bermain di lidah karena kenikmatanya tersebut, Senin (9/9).

"Di stand khas oleh-oleh Pekalongan ini ada berbagai macam olahan makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ataupun cemilan yang khas dari Pekalongan itu sendiri. Ada 12 UKM dari kabupaten yang tergabung disini, semua lengkap ada olahan produk makanan dari berbagai daerah Pekalongan yang khas," tutur Koordinator Stand, Fahmi Bahtiar.

Olahan produknya beragam mulai dari jajanan jadul seperti jenang jahe, nting-nting jahe, permen jahe dan lainnya. Tidak hanya itu inovasi modern dari jajan juga ada berupa keripik tahu, keripik bayam, keripik pare, biting dan lain-lain. Dari olahan makanan basah juga ada berupa bakpao karakter, pie basah, aneka kue kering, molen, puding sedot hingga cake tape.

"Ada juga olahan gula aren semut dengan aneka rasa serta coklat bubuk pun ada. Lengkap semua ada disini," katanya.
Tidak hanya itu Fahmi juga menambahkan bahwasanya olahan makanan jadul Pekalongan nyatanya juga masuk progres di pasarkan di Arab Saudi kedepan. "Kemarin sempat kita pameran disana tepatnya di Jeddah berkat fasilitas pemerintah propinsi, alhamdulillah pemerintah disana serta para pengusaha juga respon akan produk kami dan ingin menjalin kerjasama kedepanya," imbuhnya.

Berbicara makanna khas Pekalongan, lebih menonjol pada makanan jadul Pekalongan yang kaya akan rempah tetapi baru-baru ini inovasi keripik juga tengah digemari di Pekalongan tak kecuali juga warga asing yang berkunjung ke Pekalongan.

"Tidak hanya terkenal batik saja nyatanya makanan Pekalongan juga bersaing jadi pilihan nikmat oleh-oleh khas dari Pekalongan," lanjutnya.
Harapan bagi para UKM ini lebih pada perhatian pemerintah setempat untuk lebih support dalam hal olahan makanan ringan. Dimana tidak menutup kemungkinan dengan dukungan moril dan materil yang dilakukan pemerintah kepada mereka bisa membantu memajukan Pekalongan yang tidak hanya terkenal sebagai kota batik saja kelak juga olahan makananya bisa dikenal khalayak luas dengan kekhasan rasanya tersebut. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: