Programkan Membaca Bersama, Tingkatkan Literasi

Programkan Membaca Bersama, Tingkatkan Literasi

*MTsN 1 Pekalongan

MEMBACA - Aktivitas membaca bersama di MTsN 1 Pekalongan, beberapa waktu lalu.

KEDUNGWUNI - Sebagai dalah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan madrasah, MTs Negeri 1 Pekalongan tengah menggiatkan program literasi siswa dan guru. Selain meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca, kegiatan literasi juga dilaksanakan sebagai aktivitas pembiasaan di madrasah.

Demikian disampaikan Kepala MTs Negeri 1 Pekalongan, Drs H Mukhlisin MPd. Sebagai pelaku pendidikan yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia pendidikan madrasah, membuatnya ingin mewujudkan keberhasilan para siswa jebolan madrasah yang juga berprestasi dalam berbagai bidang.

Terkait teknis pelaksanaan kegiatan literasi dimulai pada pukul 07.00 dengan pelaksanaan sholat dhuha berjamaah dilanjutkan program literasi meliputi membaca dan merangkum bahan bacaan. "Dalam kegiatan literasin itu, anak-anak membaca bacaan selama 10 menit, dan me-resume bacaan 5 menit," ujarnya.

Melalui program-program tersebut, pihaknya berharap akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat dengan keberadaan madrasah sebagai penyelenggara pendidikan formal. "InsyaAllah dengan ini akan semakin banyak anak-anak madrasah yang tidak kalah dengan anak-anak sekolah umum lainnya," tandasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: