Puskesmas Diminta Tingkatkan Pelayanan dan Cek Persediaan Obat

Puskesmas Diminta Tingkatkan Pelayanan dan Cek Persediaan Obat

Wabup Suyono berdialog dengan warga yang tengah berobat di puskesmas Gringsing 1 guna mengetahui mutu pelayanan. (dok istimewa)

BATANG - Para tenaga medis maupun non medis yang bekerja di puskesmas harus bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada warga yang datang untuk berobat. Hal itu diperlukan, agar warga yang berobat bisa terlayani dengan baik.

"Ingat selalu senyum, sapa dan salam dalam memberikan pelayanan kepada warga yang berobat ke puskesmas. Dengan begitu, mereka akan merasa nyaman dan terlayani dengan baik saat berobat. Bahkan jika bisa, minta maaf setelah melayani apabila ada sesuatu yang dirasakan kurang pas," ujar Wakil Bupati Suyono, saat melakukan sidak ke puskesmas Gringsing 1 dan 2, kemarin.

Wabup Suyono menjelaskan, puskesmas merupakan ujung tombak bagi pelayanan kesehatan warga di setiap daerah. Karena itulah, pelayanan yang diberikan juga harus bisa optimal, sehingga warga tak perlu jauh-jauh berobat ke rumah sakit untuk penyakit-penyakit ringan.

"Baik tidaknya kualitas pelayanan sebuah puskesmas tak lain mengacu pada penilaian masyarakat yang dilayani. Untuk itu, pegawai puskesmas dituntut mampu memberikan pelayanan terbaik, sehingga penilaian publik pun akan sebanding. Mari bekerja jujur, disiplin dan ikhlas dalam melayani pasien dengan senyum dan kerja tuntas sesuai standar operasional prosedur (SOP)," jelas Suyono.

Pada kesempatan itu, Wabup Suyono juga berpesan pada kepala puskesmas maupun petugas bagian obat agar selalu mengecek ketersediaan yang ada. Hal itu dimaksudkan agar jangan sampai kekosongan ataupun ada obat yang sudah kadaluarsa, namun masih tersimpan.

"Cek selalu ketersediaan dan waktu kadaluarsa obat yang ada. Jangan sampai ada obat kadaluarsa yang diberikan ke pasien akibat keteledoran, karena itu bisa berakibat fatal," pinta Suyono.

Pada kesempatan itu, Wabup Suyono juga tak lupa untuk berdialog secara langsung dengan warga yang tengah berobat. Hal itu dilakukan guna mengetahui secara langsung kualitas pelayanan dan juga keluhan maupun masukan dari warga guna meningkatkan pelayanan kesehatan di puskesmas.

"Selain meningkatkan mutu pelayanan, pemkab Batang juga akan terus berusaha untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang ada di tiap puskesmas. Selain itu, kesejahteraan tenaga medis maupun non medis yang ada juga kita upayakan untuk terus diperbaiki," tandas Suyono. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: