Rail Clinic, Gerbong Kereta Api Dijadikan Pelayanan Pengobatan Gratis

Rail Clinic, Gerbong Kereta Api Dijadikan Pelayanan Pengobatan Gratis

COMAL - Ratusan Warga mendatangi Stasiun Kereta Api Comal, Kabupaten Pemalang guna memanfaatkan pengobatan gratis di Rail Clinic yang digelar oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) serta pembagian kacamata gratis bagi siswa SD, SMP dan warga umum.

Rail Clinic terdiri dari empat rangkaian gerbong kereta api yang masing-masing gerbong memiliki fungsi yang berbeda. Gerbong pertama digunakan untuk ruang farmasi dan bersalin, gerbong kedua untuk poli gigi, gerbor ketiga untuk ruang pemeriksaan dan gerbong keempat untuk ruang penyuluhan dan baca.

Warga datang untuk memeriksakan berbagai kondisi kesehatan, setelah mengambil nomor antrian, peserta diarahkan ke ruang tunggu sambil menunggu giliran. Peserta pengobatan kemudian diantar menuju gerbong kereta dimana petugas kesehatan sudah bersiap memeriksa.

Salah seorang warga, Budiono (80) warga Kecamatan Ampelgading mendengar pengobatan gratis dari saudaranya. Diantar istri, dia kemudian datang untuk memeriksa kesehatan matanya dan istri ikut periksa juga.

"Suasananya sangat berbeda, tidak seperti di rumah sakit, jarang sekali ditemukan dan sangat unik," katanya.

Warga mengaku senang dengan adanya klinik di atas gerbong ini karena gratis dan baru pertama kali datang dan juga bisa memeriksakan kesehatan mata dengan gratis serta mendapat kaca mata juga gratis.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi santoso menyebutkan, Rail Clinic merupakan bentuk kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dari PT KAI.

"Ini bagian dari kepedulian PT KAI untuk masyarakat sekitar jalur rel kereta api. Prgogram ini melibatkan tim kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat dan apoteker. Kegiatan ini bertujuan memberikan bantuan kesehatan gratis pada masyrakat yang sulit menjangkau fasilitas kesehatan," katanya.

Jenis kesehatan yang dilayani menurutnya bervariatif antara lain kesehatan umum, gigi, mata dan juga ibu hamil. "Kita targetkan 300 peserta, kalau lebih masih kita layani," ujarnya.

Menurutnya, PT KAI juga memberikan bantuan gerobak dan penyuluhan kesehatan serta sosialisasi aturan perkeretaapian. Pada 2019, pihaknya telah menggelar Rail Clinic di tiga lokasi, yakni di Stasiun Alas Tua Semarang, Stasiun Gubug, dan di Stasiun Comal, Pemalang.

Alasan dipilihnya Comal sebagai tempat pemberhentian rail clinic menurutnya atas permintaan warga. Di samping itu, stasiun ini bukan digunakan untuk naik turun penumpang.

Selain itu juga ada Rail Library atau kereta pustaka yang dirangkaikan pada rail clinic. Di dalamnya terdapat ratusan buku bacaaan dan fasilitas perpustakaan elektronik yang bisa dimanfaatkan, dibaca oleh pelajar juga warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: