Rangkaian Maulid di Kanzus Sholawat Digelar Lebih Meriah

Rangkaian Maulid di Kanzus Sholawat Digelar Lebih Meriah

RAPAT PANITIA - Panitia rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kanzus Sholawat sedang mengadakan rapat pleno di Gedung Kanzus Sholawat, Kamis (31/10).

KOTA - Rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M Kanzus Sholawat Kota Pekalongan pimpinan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya akan digelar lebih meriah. Selain berbagai kegiatan yang sudah rutin digelar, seperti Nikah Maulid dan Kirab Merah Putih, kegiatan maulid tahun ini akan diisi dengan beberapa kegiatan lain yang tahun sebelumnya tidak ada.

Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat, Sumarjo SH menerangkan pra acara rangkaian peringatan Maulid Nabi di Kota Pekalongan ini akan diawali pada Rabu, 27 November 2019 dengan pagelaran wayang, bertempat di Gedung Kanzus Sholawat, Jalan Dr Wahidin, Kota Pekalongan. Pagelaran wayang ini merupakan hal baru dalam rangkaian peringatan Maulid oleh Kanzus Sholawat.

Kemudian pada Kamis, 28 November akan diisi dengan Pengajian Milenial dengan penceramah KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Lapangan Mataram mulai pukul 20.00 WIB. "Pada jam yang sama, akan digelar pula Maulid Barzanji di Gedung Kanzus Sholawat," kata Sumarjo, saat Rapat Pleno I Panitia Maulid Nabi Muhammad SAW di Gedung Kanzus Sholawat, Kamis (31/10).

Kemudian pada Jumat 29 November mulai 08.00 sampai 11.30 WIB akan dilaksanakan Nikah Maulid di Gedung Kanzus Sholawat. "Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada peringatan maulid tahun ini juga akan dilaksanakan Nikah Maulid," jelas Sumarjo.

Masih di hari yang sama, imbuh Sumarjo, mulai pukul 13.30 hingga 15.00 WIB akan digelar Kirab Merah Putih dengan titik start dari Masin, Warungasem, Kabupaten Batang dan finish di Alun-Alun Kota Pekalongan.

Selanjutnya pada Sabtu 30 November, mulai pukul 07.00 hingga 09.00 akan gelar Apel Merah Putih dan Apel NKRI di Alun-Alun Kota Pekalongan. "Selain itu, mulai pukul 08.00 sampai 12.00 akan diadakan silaturahmi ulama, umaro, TNI, dan Polri bertempat di Gedung HA Djunaid," ungkap Sumarjo.

Masih di hari yang sama, mulai pukul 13.30 akan digelar Pawai Pajang Jimat dengan titik start di Stadion Hoegeng dan finish di Jalan Dr Wahidin. Dilanjutkan pada sore harinya akan dilaksanakan pembacaan Dalailul Khoirot disambung dengan khataman Al Quran dan pembacaan manaqib di Makam Habib Hasyim bin Yahya di Sapuro, Kota Pekalongan. "Pada Sabtu malam itu, mulai pukul 20.00 diadakan hiburan musik samer dan gambus di depan Gedung Kanzus Sholawat," beber Sumarjo.

Sementara, puncak Peringatan Maulid Nabi akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Agustus mulai pukul 07.00 WIB di Gedung Kanzus Sholawat. Rangkaiannya diisi dengan Dalailul Khoirot, Qasidah Simtuddurror, mauidloh hasanah, dan pelaksanaan maulid hingga pukul 14.00.

"Sebagai informasi pula, rencananya rangkaian peringatan Maulid Nabi tahun ini akan dimeriahkan pula dengan kegiatan bazaar atau pasar kerakyatan dari tanggal 25 November sampai 3 Desember di Jalan Dr Wahidin," imbuh Sumarjo. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: