Ratusan Anggota Pramuka Terjun Bersihkan Sungai

Ratusan Anggota Pramuka Terjun Bersihkan Sungai

BERSIHKAN - Anggota Pramuka MAN Batang saat membersihkan sungai dan lingkungan di sekitar madrasah, Jumat Siang (12/4).

BATANG - Ratusan anggota Pramuka MAN Batang terjun ke beberapa ruas sungai di sekitar madrasah, Jumat (12/4).

Tanpa rasa takut dan jijik para anggota Pramuka ini menulusuri titik sungai dan memungut sampah-sampah yang ada di sungai. Tak hanya di sungai, anggota juga turut membersihkan lingkungan di sekitar madrasah, seperti tempat ibadah dan lainnya.

Pradana Putra Gerakan Pramuka MAN Batang, Deni Choeruli, menjelaskan kegiatan bersih lingkungan ini dilakukan untuk memperingati hari kelahiran Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang menjadi Bapak Pramuka Indonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 233 pengurus dan anggota pramuka MAN Batang.

"Jadi hari ini, tanggal 12 April merupakan Hari Bapak Pramuka Indonesia, Sri Hamengku Buwono IX lahir. Untuk memperingati hari tersebut dari kwarnas ngin pramuka menggelar Sehari Pramuka Berbakti dengan menggelar Aksi Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial, dan kami lakukan pada siang ini dengan bersih-bersi sungai dan lingkungan sekitar madrasah," ujar Deni.

Pihaknya berharap dengan gerakan ini harapannya pramuka Indonesia semakin dikenal di dunia dan masyarakat. Serta dapat menjadi contoh bagi kaum muda agar lebih baik lagi di kemudian hari.

"Semoga amalan-amalan yang ada pada tri satya dan dasa dharma bisa diamalkan dan kerjakan pada kehidupan sehari-hari. Dan langkah pramuka MAN Batang ini diharapkan bisa menginspirasi dan memotivasi organisasi atau masyarakat agar bisa menjaga lingkungan dengan baik. Dan beraama menjaga kebersihan Batang," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: