Ratusan Entok dari 20 Daerah Beradu Cantik

Ratusan Entok dari 20 Daerah Beradu Cantik

KENDAL - Sebanyak 200 ekor entok diikutkan Kontes Unggas Entok Muscovy Duck Contest Festival yang digelar Komunitas Kendal Kandel Kendal Seduluran (Kendedes) di pelataran SKB Cepiring Kendal, Minggu (20/3/2022). Peserta tidak hanya dari wilayah Kendal dan daerah Jawa Tengah, tetapi ada yang dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Hewan entok yang biasa dipelihara di lingkungan rumah yang diikutkan kontes sudah dimandikan, sehingga tampak bersih. Ada yang berwarna putih, hitam, campuran putih hitam, abu-abu dan sebagainya, mulai yang berkurang sedang hingga yang berukuran jumbo.

Ketua panitia kontes, Siswanto mengatakan, kontes entok di Kendal ini pertama kali diadakan pada tahun 2019 dan sempat vakum di tahun 2020 dan 2021 karena kondisi pandemi Covid-19. Kontes diikuti sekitar 200 entok dari 20 daerah di Jawa Tengah, Jawa Tengah dan Jawa Barat, di antaranya dari Serang Banten, Mungkid Magelang, Klaten dan Sragen.

"Lomba ini sifatnya umum, untuk Kendal hanya menyediakan tempat saja," katanya.

Dikatakan, ada 9 kriteria lomba, yakni premium atau blirik, basong jumbo, jemoko jumbo, basong non jumbo, jali, klasik, betina bobot dan beauty, kepala putih, dan hoki. Penilaian secara umum meliputi keindahan atau kecantikan dan berat badan.

"Yang dinilai meliputi kecantikan, berat, dan kesehatan,"terangnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal, Pandu Rapriat Rogojati, memberikan apresiasi digelarnya satu kegiatan yang unik dan patut dijadikan agenda rutin tahunan. Harapan ke depan bisa dikolaborasikan dengan kegiatan lain supaya lebih meriah. Peserta juga diperluas lagi, tidak hanya dari Jawa, tetapi bisa dari luar Jawa, sehingga bisa untuk mengenalkan Kendal ke luar daerah di Indonesia. "Harapan besar untuk mengenalkan Kendal sampai ke luar daerah lain melalui lomba ini yang ternyata unik ini dan belum pernah ada di daerah lain," harapnya.

Utowo, peserta dari Blitar berharap, dengan adanya kontes mentok ini bisa meningkatkan kualitas mentok dengan varian yang lebih bagus lagi. Utowo bersama Aris dan Munif dari Blitar Jawa Timur membawa tiga ekor entok. "Dengan adanya lomba, maka makin semangat memelihara entok yang bagus," ucapnya. (lid)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: