Tanpa Sinergi, Kinerja pemerintahan Sulit Optimal

Tanpa Sinergi, Kinerja pemerintahan Sulit Optimal

WONOPRINGGO - Efektivitas kinerja pemerintah di tingkat kecamatan akan sulit optimal tanpa ada dukungan dari pemerintah desa. Karena itu, sinergitas desa dengan kecamatan menjadi hal yang harus terus dibangun guna memberikan iklim tata kelola pemerintahan yang baik.

Prinsip ini pula yang terus diikhtiarkan Camat Wonopringgo, Tuti Hariyati. Menurut dia, sebagai camat dirinya tidak akan akan bisa bekerja optimal jika tidak ditopang oleh sinergitas yang baik dengan para kepala desa dan jajarannya.

Terlebih di tengah kendala pandemi Covid-19 ini, di mana pemdes tengah diuji dalam menjalankan tugasnya, sehingga menuntut upaya maksimal dalam menjalankan tugas. Misalnya, terkait polemik realisasi bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak corona, yang di lapangan sering menyisakan masalah. Untuk itu, penting bagi setiap pemerintah desa untuk melaksanakannya secara profesional dengan memedomani aturan yang ada.

Sementara sebagai unsur pembina, Camat tetap akan memantau langsung proses dan tahapannya, mulai pendataan, penyaluran, hingga pengusulan ulang data penerima bantuan. Komunikasi dan koordinasi juga dilakukan intensif untuk mengantisipasi permasalahan. Inilah sinergitas yang menurut Tuti sangat dibutuhkan, terutama di masa sulit seperti sekarang ini.

"Alhamdulillah, di wilayah Wonopringgo aman tidak ada kendala. hal ini tentunya diperlukan komunikasi yang baik dan kinerja aparatur desa yang maksimal," ungkap Tuti saat ditemui Radar usai monitoring dan evaluasi desa, kemarin.

Selain pantaun bantuan warga terdampak Covid-19, pihaknya juga menekankan pihak pemdes agar tetap waspada terhadap potensi penularan virus corona yang belum tahu kapan berakhirnya ini. Karena itu, penting bagi setiap desa untuk memastikan berjalannya protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

"Jangan sampai kita terpapar, maka mencegah itu lebih baik dari mengobati. Pemerintah desa tidak boleh bosan terus memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pencegahan, bagaimana memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini. Kami juga setiap saat melakukan upaya yang sama," teranganya mengakhiri. (jun/sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: