Rawat Mata Air Siwedus, Pemuda NU Giatkan Reboisasi

Rawat Mata Air Siwedus, Pemuda NU Giatkan Reboisasi

BANDAR - Mata Air Siwedus menjadi salah satu sumber air bersih bagi masyarakat Desa Tombo dan sekitarnya. Untuk mengantisipasi kekeringan, IPNU-IPPNU Desa Tombo rutin menggalakkan reboisasi di lingkungan sekitar mata air. Seperti yang dilakukan pada Minggu (26/7/2020).

Dibantu GP Anshor Desa Tombo, kegiatan ini merupakan kelanjutan agenda reboisasi sejak 2015 silam. Selain membersihkan rumput di sekitar tanaman, juga ditanam kembali pohon aren di tepi sungai gunai menangkal erosi dan menjaga sumber mata air supaya tetap lestari.

" Karena kami sadar bahwa merawat alam tidak cukup hanya dengan menanam saja. Apalagi lokasinya terletak di hutan yang notabene lebih banyak semak belukar dari pada pohonnya. Jika tidak dirawat dan dijaga, pohon yang ditanam bisa mati karena tertutup rumput liar," terang Ketua IPPNU Desa Tombo, Ainun Nisa.

Dijelaskan, kegiatan ini sudah masuk pada program kerja rutin 3 bulan sekali. Kegiatan ini pun sinkron dengan program kerja GP Anshor Desa Tombo, sehingga keduanya saling support.

Selain Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Desa Tombo, komunitas lain juga pernah melakukan giat yang sama, seperti NU Backpacker dan Racika Palm Batang pada 2018 silam. IPNU dan IPPNU juga berkomitmen merawat apa yang telah ditanam.

"Hal ini guna menjaga kelestarian alam dan terjaganya sumber mata air guna mencukupi kebutuhan air di desa Tombo. Kegiatan semacam ini perlu dipertahankan supaya dapat tetap berlangsung dan senantiasa menjadi program teman-teman di ranting sesuai dengan jargon di sana. Ada hal yang sama penting dari menanam dan membuat, yakni merawat," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: