RSU BUDI Rahayu Kini Miliki Dokter Spesialis Jantung dan Psikiater

RSU BUDI Rahayu Kini Miliki Dokter Spesialis Jantung dan Psikiater

KOTA - RSU Budi Rahayu Pekalongan kini memiliki dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Selain itu, rumah sakit yang berlokasi di Jalan Barito No 5, Kota Pekalongan juga memiliki dokter psikiater.

Demikian disampaikan Direktur RSU Budi Rahayu, dr Fransiska T Sutedja MH, Kamis (25/6/2020).

"Dokter spesialis jantung tersebut adalah dr Metta Suryani SpJP. Beliau akan memulai praktik pada awal Juli 2020 mendatang, pada setiap hari kerja, Senin sampai Sabtu. Dokter Metta, panggilan akrabnya, melayani rawat inap dan rawat jalan, termasuk medical check up," jelas dr Fransiska.

Sedangkan dokter psikiater, yakni dr Ria Aliviyana SpKJ. "Beliau akan melayani di poliklinik RSU Budi Rahayu," sambungnya.

TELEMEDICINE

dr Fransisca mengungkapkan, di masa pandemi Covid-19, RSU Budi Rahayu berupaya akan melayani masyarakat khususnya pasien lama dengan 'telemedicine'.

Telemedicine dimaksud, merupakan pelayanan kesehatan jarak jauh menggunakan aplikasi 'Zoom'. Jadi, pasien tidak perlu datang ke rumah sakit. Pasien tetap tinggal di rumah. Dokter melayani melalui aplikasi zoom.

"Obat-obatan dapat diantar, sementara bila memerlukan pemeriksaan laboratorium petugas rumah sakit dapat datang ke rumah. Selain itu, pemeriksaan radiologi pasien dapat dijemput oleh petugas rumah sakit," terangnya.

Ditambahkan dr Fransisca, RSU Budi Rahayu mengembangkan Unit Pelayanan Rehabilitasi Medik yang didukung oleh dr Stefanus Kurniawan SpKKR dan dr Robby Cahyadi SpKKR. "Ruang rehabilitasi medik kini menempati ruangan baru yang lebih luas dan nyaman," imbuhnya.

BUKAN RUJUKAN COVID

Sementara itu, Humas RSU Budi Rahayu, Harya Sumarta, menambahkan bahwa RSU Budi Rahayu bukan rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Pekalongan.

Meski demikian, rumah sakit tetap menggunakan panduan 'New Normal' yakni semua kegiatan rumah sakit mengacu pada pencegahan penyebaran Covid-19.

"Langkah-langkah ini antara lain setiap pengunjung rumah sakit datang dengan menggunakan masker. Sampai di rumah sakit pengunjung diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun dan dilakukan pengecekan suhu menggunakan thermal gun," tambahnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: