Rusak Parah, Akses Jalan Ditutup Sementara

Rusak Parah, Akses Jalan Ditutup Sementara

*Pekan Ini DPU Janjikan Perbaikan

MEMPRIHATINKAN - Kondisi kerusakan jalan tepat di ruas Gang Pasar Ngebrak Bligo, terbilang cukup memprihatinkan.

KAJEN - Ruas jalan tepat di Gang Pasar Ngebrak Bligo, Kelurahan Bligo, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, kondisinya rusak parah. Selain badan jalan sebagian besar berlubang, genangan air sisa hujan juga menambah ketidaknyamanan pengguna jalan. Untuk mengurangi risiko kecelakaan, Kelurahan pun menutup akses jalan dengan kayu, Senin (9/3/2020).

Warga dan pengguna jalan yang mengeluhkan kerusakan jalan tersebut, berharap instansi terkait bisa segera memperbaikinya. Terlebih, jalan ini dekat dengan pasar serta Jalan raya Bligo yang akses mobilitas warga.

Menanggapi hal tersebut, pihak Kelurahan Bligo bertindak cepat dengan melaporkan kerusakan jalan ke DPU/ Binamarga agar segera dilakukaan perbaikan. Dari hasil koordinasi, DPU berjanji segera meninjau lokasi untuk mempersiapkan perbaikan. "Alhamdulillah, tadi sudah ditinjau dari DPU dan besok Rabu mulai dibongkar drainasenya," ungkap Lurah Bligo, Fatur Rohman, Senin (9/3/2020).

Pihak kelurahan memilih langsung tanggap mengingat kewenangan jalan tersebut tetap ada di Pemkab Pekalongan, meskipun statusnya jalan kelurahan.

"Saya sudah ngasih surat ke PU, menangani masalah jalan itu kan lingkupnya Pemda, bukan kelurahan. Jadi jalannya di Kelurahan, tapi
kewenangannya ada di pemda," jelas Fatur.

Pihaknya juga membenarkan bahwa akibat jalan rusak, sudah banyak pengendara yang mengalami kecelakaan. Karena itu, setelah melaporkan kondisinya ke DPU, Kelurahan langsung menutup akses jalan sebagai tanda perbaikan.

"Masyarakat mengeluh, saya bilang sudah tak laporkan ke PU, dan memang ini ditutup dulu karena banyak yang sering jatuh," terang Fatur.

Dirinya juga menampik anggapan jika Kelurahan hanya bertindak saat ada keluhan warga. "Kami juga pihak kelurahan sebenarnya tidak menunggu laporan masyarakat. Begitu kita lihat, kita tinjau dan laporkan. Masyarakat kan tahunya hanya kelurahan," tandasnya.

Fatur berharap, dalam Minggu ini DPU bisa menyelesaikan perbaikan jalan tersebut. "Minggu ini seharusnya sudah selesai," pungkasnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: