Saling Menahan Diri di Tahun Politik

Saling Menahan Diri di Tahun Politik

BATANG - Dinamika kontestasi Pemilu 2019 yang tinggal hitungan hari dinilai cukup menyajikan kecenderungan polarisasi di masyarakat, terutama terkait kompetisi Pilpres. Karena itu, demi memastikan tahun politik berjalan dengan kondusif, penting bagi masyarakat untuk saling menahan diri.

Dr Agung Wisnu Barata

"Sebetulnya ini pesta politik rutin yang sering kita hadapi, sehingga semestinya kita semua telah cukup dewasa untuk menyikapi dinamikanya. Bahwa ada potensi polarisasi, ini yang harus kita jaga bersama dengan saling menahan diri," kata Kepala Kesbangpol Batang, Dr Agung Wisnu Barata MM, Kamis (4/4).

Menurut dia, di saat tensi politik meninggi, maka dua kutub yang saling bersaing perlu untuk saling menahan diri. Sikap itu dibutuhkan agar tak terjadi gesekan.

"Meski mengekspresikan dukungan itu hak, tetapi sebisa mungkin menahan diri agar tak provokatif. Mari berpesta politik yang menggembirakan agar suasana kebatinan kita sebagai entitas Kabupaten Batang juga tetap terawat dengan baik," terangnya.

Agung berharap, perilaku eksplosif masing-masing pendukung hanya berlangsung di media sosial dan tak sampai merambah ke kehidupan keseharian masyarakat Batang. "Semoga Batang tetap kondusif sampai 17 April nanti maupun setelahnya. Tetapi penting untuk dipahami bahwa situasi kondusif tidaklah terjadi dengn sendirinya, bukan taken for granted, tetapi karena kita mengikhtiarkannya bersama. Mari sama-sama meyakini bahwa berbeda itu biasa, bersatu lebih utama," pesannya. (sef)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: