Santri Gayeng Nusantara Latih Para Juleha

Santri Gayeng Nusantara Latih Para Juleha

Cara Penyembelihan Hewan Kurban Halal

Santri Gayeng Nusantara (SGN)Kabupaten Pekalongan, Sabtu (09/07/2022) memberikan pelatihan cara menyembelih hewan kurban halal sesuai syariat Islam. Kegiatan jelang Idul Adha untuk Juru Sembelih Hewan Halal (Juleha) digelar di Area Ponpes Nurul Huda Desa Simbangkulon Kecamatan Buaran.

Adapun kegiatan diikuti sekitar 60 peserta, juga mengundang SGN dari Kabupaten/ Kota Pekalongan dan Batang itu dengan narasumber Ky Abdul Jamil, Ky Amburohman, Ky Moch Rifan Dohan, Ky Hanafi, dan Tim SGN.

Pelatihan bagi para Juleha supaya juru sembelih di Kabupaten Pekalongan memahami tata cara penyembelihan hewan kurban yang baik, halal sesuai dengan hukum Islam. Sebab, juru sembelih harus memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan tugasnya.

Ketua SGN Kabupaten Pekalongan, Dr, KH, Sabilal Rosyad mengatakan bahwa jelang pelaksanaan Idul Adha 1443 H, SGN Kabupaten Pekalongan memberikan pelatihan cara penyembelihan hewan kurban yang baik dan benar sesuai hukum Agama Islam. Adapun kegiatan ini juga menindaklajuti pelatihan Juleha di Semarang.

"Kegiatan ini untuk melatih cara penyembelihan hewan kurban yang baik, benar dan halal sesuai hukum Agama Islam. Pelatihan pertama ini diikuti oleh sekitar 60-an peserta Juru Sembelih Hewan se- Kabupaten Pekalongan, selain itu kita juga mengundang SGN dari Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan, " terangnya.

Untuk materi yang disampaikan, lanjut Pengasuh Ponpes Alqutub Wonopringgo, mulai dari tata cara penyembelihan. Yaitu secara teknis penyembelihan, kemudian dari hukum dan ada pula dari kesehatan, serta sampai pada cara pengelupasan daging.

Dengan pelatihan para Juleha tersebut diharapkan peserta bisa mengimplementasikan apa yang telah didapat selama kegiatan. Kemudian bisa bekerjasama dengan Rumah Penyembelihan Hewan (RPH).

"Kami harapkan para Juleha bisa merealsasikan cara menyembelih hewan dengan baik dan benar sehingga halal ditengah tengah masyarakat. Selain itu kedepan diharapkan pula bisa bekerjasama dengan Rumah Penyembelihan Hewan yang ada, " harapnya.(yon)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: