SD Panjang Wetan 01 Raih Juara Tingkat Nasional

SD Panjang Wetan 01 Raih Juara Tingkat Nasional

*Juara 3 Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional

JUARA - Kepala SDN Panjang Wetan 01 Kota Pekalongan, Murwani SPd, menunjukkan plakat, medali, dan trofi Juara III Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional tahun 2019 yang diadakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, kemarin.

KOTA - SD Negeri Panjang Wetan 01 baru-baru ini berhasil meraih Juara 3 Lomba Budaya Mutu Sekolah Dasar Tingkat Nasional tahun 2019 yang diadakan Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar pada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kepala SDN Panjang Wetan (PW) 01, Murwani SPd, menjelaskan sebelumnya SDN PW 01 ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Pekalongan untuk mewakili Kota Pekalongan pada lomba tersebut. Beberapa tahapan pun harus dilalui. Diantaranya, membuat portofolio yang dikirimkan ke Kemendikbud.

"Kebetulan SD PW 01 satu-satunya yang lolos berdasar penilaian dari kementerian. Pada awal Agustus kemarin kita mulai mengirim portofolionya Dalam portofolio tersebut menggambarkan seluruh kegiatan yang ada di sekolah," kata Murwani, kemarin.

Selanjutnya, Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah melakukan penilaian. Hasilnya, SDN PW 01 dinyatakan masuk kriteria tahap berikutnya. "Tahap berikutnya adalah visitasi dari kementerian ke SD PW 01 untuk mencocokkan portofolio dengan data-data yang ada," ungkapnya.

Murwani menuturkan, pada tahap itu, dari 500 lebih sekolah se-Indonesia hanya diambil 120 sekolah dari kategori SD Negeri, SD Swasta, SD Negeri Rujukan, dan SD Negeri Wilayah 3T (tertinggal). Selanjutnya, dari Kemendikbud memilih sekolah mana saja yang lolos ke grand final. "Tahap grand final ini dilaksanakan di Surabaya pada 15 sampai 18 Oktober 2019," tuturnya.

SDN PW 01 sebagai salah satu sekolah yang berhasil lolos ke tahap grand final memberikan paparan. Murwani selaku Kepala SDN PW 01 memaparkan di depan dewan juri tingkat Nasional, termasuk wawancara. "Untuk penilaiannya, 20 persen dari portofolio, 40 persen dari visitasi, dan 40 persen dari paparan kepala sekolah," terangnya.

Hasilnya, SDN PW 01 berhasil meraih Juara 3 Nasional Kategori Sekolah Dasar Negeri untuk Komponen Ekstrakurikuler. "Alhamdulillah kita dapat juara 3 pada Komponen Ekstrakurikuler. Tiap kategori memang ada lima komponen, yakni Manajemen Berbasis Sekolah, Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Perpustakaan Sekolah, dan Usaha Kesehatan Sekolah," bebernya.

Menurut Murwani, SDN PW 01 memang memiliki berbagai unggulan. Salah satunya dalam bidang ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler ada banyak, baik yang wajib maupun pilihan. Dari sejumlah ekstrakurikuler yang menjadi unggulan diantaranya TPQ dan batik.

"TPQ ini merupakan ekstrakurikuler wajib, dilaksanakan setelah jam pembelajaran. Kita juga ada kegiatan BTQ (Baca Tulis Quran) yang diadakan pada jam ke-0. Karena itu, SDN PW 01 pada 2005 meraih Juara Nasional Sekolah Model PAI (Pendidikan Agama Islam). Kita tiap tahun ada wisuda sendiri untuk TPQ, dan target kita kelas 5 sudah sidang taksis Ini salah satu yang menjadi unggulan kita," katanya.

Selain itu, SDN PW 01 juga punya ekstrakurikuler unggulan lainnya, yakni Batik. "Ini pula yang menjadi unggulan kita. Bahkan pernah didatangi tamu dari negara lain, antara lain Jepang dan Korea," imbuhnya.

Lebih lanjut Murwani menjelaskan, apa yang diraih SDN PW 01 itu tak lepas dari dukungan dan kerja sama semua pihak, baik itu seluruh guru, siswa, komite, orang tua, dan dinas. "Harapannya apa yang telah dicapai ini bisa terus dikembangkan. SDN PW 01 juga diharapkan menularkan pengalaman dan ilmunya menjadi duta Budaya Mutu, agar sekolah lain juga meraih prestasi," pungkasnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: