Sebelum Diserahkan ke Penerima, Bantuan Pangan Disortir Terlebih Dahulu

Sebelum Diserahkan ke Penerima, Bantuan Pangan Disortir Terlebih Dahulu

Bantuan pangan berupa beras, telur, kentang, ikan dan kacang hijau dibagikan untuk warga penerima BPNT.

BATANG - Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tambahan dari Kementrian Sosial untuk Kabupaten Batang, Kamis (18/6/2020) mulai dibagikan. Pada proses penyalurannya, pihak agen Brilink selaku penyalur melakukan penyortiran barang bantuan terlebih dahulu agar kualitasnya terjaga.

"Tadi pihak agen Brilink menjelaskan bahwa pihaknya melakukan sortir terlebih dahulu terhadap barang bantuan sebelum diserahkan. Hal itu dilakukan agar kualitas barang terjaga," ungkap Anggota DPRD Batang, Tofani Dwi Arianto disela-sela pemantauan di agen Brilink yang ada di Kelurahan Karangasem Utara, Kamis.

Pada kesempatan itu, agen Brilink juga menjelaskan untuk proses penyaluran sendiri dilakukan secara bertahap, dengan penyusunan jadwal untuk tiap kelurahan atau desa. Hal itu dilakukan guna menghindari penumpukan warga, sehingga protokol kesehatan bisa dijalankan.

"Tadi saya bersama Bu Camat melihat langsung bahwa pihak agen sudah menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan warga yang akan mengambil bantuan untuk mengenakan masker. Selain itu, antara pendaftaran dan juga pengambilan barang dipisahkan agar tidak terjadi penumpukan," jelas Tofani didampingi Camat Batang, Siti Ghoniah.

Sementara itu, Agen Brilink Trisiamsi Rochfunda menjelaskan, pihaknya dibantu sejumlah pemuda dari karang taruna dalam melakukan penyaluran bantuan. Selain itu, pihaknya juga selalu mengingatkan penerima agar manjaga jarak dan selalu memakai masker.

"Kami juga menyediakan air dan sabun untuk cuci tangan. Sebelumnya, kami juga mengingatkan penerima yang sudah lanjut usia untuk mengajak anggota keluarga yang lain. Mengingat pencairan kali ini mereka mendapat bantuan untuk dua bulan," jelas Trisiamsi Rochfunda.

Jenis bantuan yang diserahkan sendiri terdiri dari beras, kentang, telur dan kacang hijau. Sedangkan untuk ikan bandeng sendiri akan dibagikan besok. "Sebelum dibagikan, barang kita sortir dulu biar kualitasnya terjaga. Jika ada yang kurang baik, maka kita pisahkan," tandas Trisiamsi Rochfunda. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: