Momen Orang Tua Belajar Pedagogik

Momen Orang Tua Belajar Pedagogik

Penasehat Himpaudi Batang, Etika Umi Romlah

BATANG - Momen belajar di rumah adalah salah satu waktu yang tepat untuk mengembangkan skil orang tua, khususnya dalam mengasuh anak. Momen tersebut juga perlu digali sebagai sarana pembelajaran pedagogik bagi orang tua. Sehingga meski di rumah, anak bisa menikmati kesempatan belajar terbaik mereka, dengan orang tua mereka yang punya peran sebagai guru.

Harapan itulah yang disampaikan oleh Penasehat Himpaudi Batang, Etika Umi Romlah, saat diwawancarai Radar Pekalongan, Selasa (28/4/2020). Menurutnya, jika orang tua memiliki kemampuan Pedagogik yang baik, kebosanan anak saat belajar di rumah bisa diatasi.

Pasalnya, selama Paud from Home ini, guru Paud sudah memberikan tugas kepada anak, di mana orang tua diminta untuk menggantikan peran guru saat di rumah. Harapannya, orang tua bisa memiliki kemampuan pedagogik sehingga anak bisa melakukan tugas belajarnya lebih lancar.

"Kalau di paud saya sendiri guru memberikan perencanaan pembelajaran ke orang tua. Harapannya orang tua mampu mengaplikasikan rencana bermain yang sudah disusun guru. Mungkin pada awalnya mereka agak canggung untuk praktik sebagai guru, tapi lama kelamaan saya yakin mereka bisa. Karena pada dasarnya mereka juga biasa mempraktekkan ini ketika menemani anak mereka belajar," jelas perempuan yang juga Kepala Paud Terpadu Ibunda Gringsing ini.

Namun menurutnya, hal tersebut juga perlu dukungan dari para guru. Oleh karenanya, guru dan sekolah diharapkan bisa memberikan detail rancangan pembelajaran, sehingga orang tua ketika di rumah tidak kebingungan saat akan memandu anak belajar.

Selain itu, guru juga diharapkan bisa memberikan porsi penugasan yang sesuai agar tugas tak hanya mudah dijalankan oleh anak. Tetapi juga tidak memberatkan orang tua selaku guru anak ketika di rumah.

"Harus dipahami loh, orang tua aman sekarang harus dipaksa memiliki kecerdasan pedagogik juga. Jadi ortu harus siap. Dan tugas guru ataupun lembaga adalah bagaimana bisa membuat orang tua melaksanakan tugas dengan senang, dan bisa tersampaikan ke anak dengan baik. Makanya perlu adanya bantuan perencanaan pembelajaran yang tepat," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: