Anak Batang Diharap Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

Anak Batang Diharap Mampu Bertahan di Tengah Pandemi

BATANG - Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2020, Forum Anak Batang (Fanta) terus memberikan edukasi dan menyuarakan suara anak. Di tengah pandemi ini pun pihaknya ingin agar anak-anak Batang mampu bertahan.

Ketua Fanta, Khairil Anwar berpesan agar anak-anak tetap mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Seperti mencuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga jarak dan disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah berkegiatan, disiplin pakai masker, menghindari kerumunan di mana pun anak-anak berada.

"Kami berharap anak Indonesia, khususnya anak Batang sehat, bahagia dan aman. Dan semoga keceriaan terus terukir pada mereka, meski ditengah pandemi. Oleh karenanya penting bagi anak untuk selalu menerapkan kedisiplinan sesuai dengan protokol kesehatan di tengah pandemi," jelasnya.

Ia juga berharap, di tengah pandemi ini orang tua mampu memperhatikan pola asuh anak. Terlebih, saat ini waktu bersama keluarga lebih banyak lantaran masih adanya pembelajaran jarak jauh. Anak-anak akan mengikuti dan mencontoh orang tua dengan berbagai kebiasaan dan perilaku karena anak adalah kelompok makhluk yang rentan karena berusia kurang dari 18 tahun. Baik buruknya keluarga akan menjadi cerminan bagi masa depan anak. "Oleh karenanya di waktu ini manfaatkan quality time bersama anak dan keluarga untuk membentuk pendidikan karakter pada anak," harapnya.

Selain itu, ia juga berharap anak jangan sampai jadi korban dan pelaku kejahatan. Karena saat ini anak tidak hanya menjadi korban, namun tak jarang mereka juga sudah menjadi pelaku kejahatan. Kasus kekerasan, baik yang menjadikan anak sebagai korban maupun sebagai pelaku, perlu dikaji secara mendalam dan dicarikan solusi terbaiknya.

"Diharapkan semua pihak, terutama para keluarga, dapat mendukung dan berperan aktif dalam memenuhi hak anak dan memberikan perlindungan khusus bagi semua anak di Batang," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: