Anak-anak Diedukasi Safety Riding

Anak-anak Diedukasi Safety Riding

SAFETY RIDING - Anak-anak terlihat antusias dengan acara safety riding. WIZNA HIDAYATI UMAM

WIRADESA - Cendana Mekar Wangi Wiradesa mengajak anak-anak untuk mengenal lebih jauh mengenai safety riding. Pemahaman soal keselamatan berkendara perlu ditanamkan sejak dini, guna tercipta kesadaran tertib berlalu lintas. Dalam hal ini, anak-anak bukan diperkenalkan tentang peraturan berkendara, tetapi diberikan pengetahuan dasar lalu lintas.

Menurut Head of Safety Riding Promotion, Yudi, menuturkan program safety riding yang diadakan di TK dan PAUD yang diharapkan bisa mengajarkan pengetahuan dasar lalu lintas sejak dini. Pihaknya melatih anak-anak untuk lebih mengenal tentang rambu-rambu lalu lintas, cara menyeberang yang baik dan lainnya. Program tersebut rutin dilakukan dua kali dalam sebulan. Terakhir kali, tim Honda menyelenggarakan acara di TK Batik Pancongan.

"Berbeda dengan penjelasan untuk orang dewasa, saya harus memiliki cara yang berbeda dan menarik agar anak-anak mengerti dengan apa yang saya katakan. Sebagai hiburan, acara juga biasanya diselingi dengan lomba mewarnai dengan tema safety riding. Kami juga memberikan hadiah kecil bagi para pemenang," ujarnya.

Selain untuk anak, pihak Honda juga memberikan himbauan kepada orang tua agar tetap mentaati peraturan lalu lintas saat memboncengkan anaknya. Selain itu para orang tua wajib memberikan atribut berkendara lengkap seperti helm dan jaket kepada anak-anak demi keselematan. Program safety riding merupakan bentuk kepedulian dealer terhadap konsumen. Mengikuti pelatihan safety riding merupakan salah satu cara untuk para pengendara berlatih menguasai kendaraan ketika berkendara. Pentingnya mengikuti pelatihan safety riding dimaksudkan juga untuk meminimalisir kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu saat berkendara di jalan raya.

Ia menambahkan, kebanyakan pengendara di jalan saat ini bisa mengendarai kendaraan secara otodidak tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar.

"Umumnya orang belajar naik sepeda motor secara otodidak, yang hanya sekedar bisa mengendarai sepeda motor saja tanpa mengetahui teknik-teknik berkendara yang baik dan benar. Kurangnya pengetahuan menguasai kendaraan, bisa jadi salah satu penyebab kecelakaan di jalan," tambahnya. (ap1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: