Antisipasi Karhutla, Patroli Digiatkan

Antisipasi Karhutla, Patroli Digiatkan

LEBAKBARANG - Dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) selama musim kemarau, jajaran BKPH Karanganyar bersama Polsek dan Koramil Lebakbarang menggiatkan patroli gabungan pencegahan karhutla. Selain menyosialisasikan pencegahan karhutla, petugas juga memberikan penyuluhan tentang gangguan dan keamanan hutan lainnya.

Aparat gabungan ini di antaranya diikuti oleh Asper Karanganyar Suharno, Kapolsek Lebakbarang Iptu Sudiyono dan jajarannya, jajaran RPH Rogoselo, RPH Kapundutan, dan RPH Lebakbarang, Polhut, dan mandor polter, serta personel Koramil Lebakbarang.

Asper Karanganyar Suharno, Jumat (14/8/2020), mengatakan, patgab antara BKPH Karanganyar, Polsek dan Koramil Lebakbarang dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi gangguan keamanan hutan dan karhutla, khususnya di wilayah BKPH Karanganyar, KPH Pekalongan Timur. "Patgab ini sebagai bentuk sinergitas antara Perhutani, Polri dan TNI," kata dia.

Dalam giat itu, petugas menyisiri area hutan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar hutan dan penyadap getah pinus. Dalam kegiatan-kegiatan di desa, dari Polsek atau Koramil juga memberikan imbauan-imbauan untuk mengantisipasi kebakaran hutan.

"Dalam penyuluhan ini kami mengimbau jangan sampai masyarakat membakar kotoran atau sampah di dekat hutan, tidak membuang putung rokok di seresah hutan, dan membuka lahan dengan cara dibakar," kata dia.

Kepada masyarakat atau petani di sekitar hutan yang memiliki akses setiap hari ke hutan untuk bersama-sama mewaspadai kebakaran hutan. Jika ada titik api sekecil apapun untuk segera lapor ke petugas.

Kapolsek Lebakbarang Iptu Sudiyono mengatakan, patgab dilakukan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan karhutla. Patroli ini merupakan tindak lanjut MoU yang sudah disepakati antara Perum Perhutani dan Polri. "Kerjasama ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan semoga dapat menciptakan keamana hutan menjadi aman dan kondusif," kata dia. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: