Aparatur Desa Diminta Beri Contoh Kedisiplinan

Aparatur Desa Diminta Beri Contoh Kedisiplinan

*Untuk Mengoptimalkan Pelayanan Publik

Camat Paninggaran, Arofah

PANINGGARAN - Untuk mempercepat kemajuan desa, pemerintah desa (pemdes) tidak cukup hanya menuntut peran aktif masyarakat. Lebih dari itu, jajaran aparatur desa juga harus mampu berperan sebagai contoh yang baik, termasuk dalam meningkatkan kedisiplinan dalam rangka mendukung kualitas pelayanan publik yang semakin baik.

"Ya ini bukan lagi zamannya hanya memerintah dan menuntut, tetapi juga memberi contoh. Kalau aparatur desanya disilin, kualitas pelayanan ke masyarakat terjaga, insya Allah warga juga akan respek dan antusias mendukung setiap program pemerintah desa," ungkap Camat Paninggaran, Arofah, saat ditemui Radar di kantornya, baru-baru ini.

Ia mengungkapkan, kalau aparatur desa kurang mengindahkan kedisplinan dalam bekerja, maka hal itu akan berdampak pada pelayanan masyarakat yang belum bisa terpenuhi secara optimal.

"Kami mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah desa di Kecamatan Paninggaran agar tidak hanya tertib administrasi, namun juga tertib dalam menjalankan tugas sesuai tupoksinya masing-masing. Untuk beretos disiplin mungkin tidak mudah, karena itu perlu dimulai dan dijaga secara konsisten," terangnya.

Arofah juga mengharapkan pemerintah desa menjalankan aturan Permendes dengan baik, baik dalam hal penanganan pandemi covid-19 maupun terkait program penyaluran bantuan langsung tunai anggaran dana desa. Sejak awal, dia mengingatkan perlunya validasi data yang baik agar tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan.

"Kepala desa harus mampu menyikapi kondisi yang ada tanpa harus melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Ini memang masa sulit dan mungkin anomali atau tak normal, maka semangat bekerjanya juga diharapkan lebih ekstra. Toh semua ini semata-mata untuk meyalani masyarakat," pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: