Mulyorejo Bertransformasi Menuju Desa Mapan

Mulyorejo Bertransformasi Menuju Desa Mapan

TIRTO - Desa Mulyorejo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan tengah bertransformasi dari desa tertinggal menjadi mapan. Maklum, dulu wilayah ini menjadi langganan rob menahun, sehingga menyebabkan lingkungan kumuh, tidak sediki juga warga yang hidup sulit.

Namun kini citra itu perlahan berubah seiring proses pembangunan yang dilakukan pemerintah desa dibantu pula pemerintah kabupaten, pemerintah daerah hingga pusat. Mulyorejo kini mampu menyatakan diri sebagai desa mapan.

"Dulu orang enggan masuk Mulyorejo. Bagaimana tidak, banjir rob yang berkepanjangan di sini mengakibatkan akses jalan masuk sering tergenang bahkan higga lutut, belum jalanya yang rusak. Tapi kini alhamdulillah Mulyorejo menuju mapan, artinya berkat bantuan pemerintah daerah hingga pusat perlahan kami melakukan pembenahan sekarang, "tutur Kepala Desa Mulyorejo, Mubarok, saat ditemui dikantornya, Kamis (19/9/2020).

Lebih lanjut Mubarok menjelaskan, perubahan Desa Mulyorejo sendiri bisa dilihat dari akses jalan utama yang hampir keseluruhan sudah dicor.

"Sekarang akses jalan di sini sudah dicor hampir keseluruhan, ditambah bantuan untuk perbaikan rumah warga melalui program RTLH. Belum lama, ada bantuan dari Perkim dan BAPPEDA sekitar 82 rumah dibedah, ada juga dari provinsi 4 rumah. Belum tambahan yang lain. Perlahan perbaikan rumah kumuh terselesaikan, meski masih banyak warga lain di sini yang perlu bantuan untuk rumuh kumuh, "lanjutnya.

Selain infrastruktur fisik yang terus dibenahi, Pemdes Mulyorejo juga terus mendorong warganya untuk berpola hidup bersih dan sehat melalui program jambanisasi.

"Dulu kan warga di sini banyak yang BAB di tempat terbuka, namun perlahan ada bantuan pembuatan jamban ataupun wc umum di sini. Perlahan masyarakat jadi sadar sendiri. Terakhir bantuan jamban sendiri datang dari Puskesmas setempat, alhamdulillah," urainya.

Pemerintah desa hanya mampu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten hingga pusat atas segala bentuk bantuan yang ada. Tentu bagi warga Mulyorejo yang sebagian masyarakat nelayan ini berlahan menuju mapan adalah keinginan yang tak henti diupayakan. "Berharap desa selalu kondusif, menuju Mulyorejo mapan dan perlahan lebih baik lagi," tutupnya. (ap3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: