Asah Hard Skill dan Soft Skill Berwirausaha

Asah Hard Skill dan Soft Skill Berwirausaha

*SMKN 1 Kedungwuni

PAMERAN - Para siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni saat menjelaskan kepada pengunjung dalam pameran karya siswa.

KEDUNGWUNI - Sebagai sekolah vokasi, SMK Negeri 1 Kedungwuni mulai memperdalam bekal wirausaha bagi para siswanya. Tak hanya dibekali keterampilan sebagai bekal bekerja dalam dunia industri, para siswa juga dipersiapkan agar memiliki skill dan jiwa wirausaha. Salah satu praktik yang dilaksanakan yaitu pada gelaran Micro Controller & Electric Expo (MEEX) 2019.

Kegiatan tersebut menjadi wadah bagi SMK berjuluk Skensa ini untuk menampilkan produk inovasi siswa khususnya dari Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

"Ini menjadi salah satu program pengembangan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Masing-masing kelompok membuat beragam produk inovasi siswa dibuat dengan memanfaatkan instalasi listrik," ujar salah seorang guru pengampu mata pelajaran PKK, Syafrudi.

Setiap siswa dikelompokkan menjadi 36 kelompok dan tugaskan merancang inovasi terbaru dengan memanfaatkan tenaga listrik. "Kebetulan kegiatan MEEX ini juga dihadiri orang tua, sehingga kita bisa memperlihatkan juga kalau listrik itu tidak hanya terbatas pada lampu dan kabel saja, tapi juga inovasi-inovasi terbaru yang bisa dikembangkan," imbuh M. Freza Pratama, yang juga merupakan guru Program Keahlian Teknik Instalasi Listrik SMK Negeri 1 Kedungwuni.

Selain mendorong siswa agar mampu mencipatakan produk inovatif, mereka juga dilatih untuk mampu memperkenalkan, memasarkan dan menawarkan produk yang mereka rangkai.

Pihaknya juga sangat bangga, pasalnya diantara produk yang dibuat siswa telah menerima pesanan dari masyarakat untuk dibuatkan menjadi prototype yang lebih besar.

"Macam-macam alatnya, ada tempat sampah otomatis, mesin penyiram tanaman otomatis, pengukur tinggi badan elektrik, dan masih banyak lagi yang lainnya," pungkasnya. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: