Asyik, Ada 620 Loker di Bursa Kerja STMIK Widya Pratama

Asyik, Ada 620 Loker di Bursa Kerja STMIK Widya Pratama

DAFTAR - Para pencari kerja sedang interview dengan perusahaan penyedia lapangan pekerjaan di Kampus STMIK Widya Pratama.

KOTA - Dengan menggandeng 27 perusahaan skala nasional dan lokal, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Widya Pratama menggelar bursa kerja dengan menyediakan 620 lowongan kerja, yang dilaksanakan di kampus setempat mulai Rabu (11/3/2020) hingga Kamis (12/3/2020). Sejak dibuka, kegiatan diserbu para pencari kerja dari Batang, Kota dan Kabupeten Pekalongan, bahkan hingga Pemalang.

"Saya dapat informasi ada kegiatan bursa kerja di STMIK Widya Pratama. Makanya saya kesini untuk memasukan lamaran pekerjaaan," ucap Rizki Amalia, yang mengaku dari Petarukan, Pemalang.

Lulusan Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan mengaku sudah banyak menyebar lamaran pekerjaan. Namun hingga sekarang, belum ada perusahaan yang memanggil. "Mudah-mudahan saja, saya bisa diterima," jawabnya optimis.

Senada disampaikan Zumrotun Nikmah (23), warga Warungasem Batang. Alumni UIN Walisongo Semarang mengaku senang dengan digelarnya acara bursa kerja di STMIK Widya Pratama. "Ini membantu kami," bebernya.

Kepala Student Carier Center STMIK WP, Reza Maulana mengatakan, selain bertujuan untuk menjembatani antara pencari kerja dengan perusahaan yang mencari tenaga kerja. Kegiatan bursa kerja juga bertujuan untuk mengurangi pengangguran, sekaligus menjalin sinergi dengan Pemkot.
"Hasilnya (kegiatan bursa kerja) memuaskan, jumlah para pencari kerja yang diserap perusahaan sangat banyak. Karena langsung diseleksi. Sehingga pelamar pekerjaan tidak cemas karena menunggu kepastian antara diterima atau tidak," tuturnya.

Reza mengaku, banyak kegiatan yang telah dilakukan Student Carier Center STMIK WP untuk membantu alumniya mencari pekerjaan. Selain menggelar bursa kerja, pihaknya juga menggelar kegiatan workshop dan pelatihan membuat lamaran pekerjaan yang benar, hingga menghadirkan alumni yang telah menjadi pengusaha untuk menyampaikan trik dan motivasi menjadi pengusaha yang sukses.

"Kami ada grup alumni. Itu merupakan media komunikasi kami dengan alumni. Yang belum bekerja, kami infokan loker. Bahkan kami mendorong untuk menjadi entreprenuer," bebernya.

Ketua STMIK Widya Pratama Pekalongan, Dicke JSH Siregar MKom menambahkan, STMIK Widya Pratama memiliki komitmen untuk membantu alumninya untuk memperoleh pekerjaan dengan memberikan pembekalan kepada calon wisudawan, menginformasikan lowongan pekerjaan melalui website bursa kerja kampus, dan berjejaring dengan para alumni yang telah lulus.

Saat menghadiri acara bursa kerja, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Perindustrian, Slamet Hariyadi SH MHum mengapresiasi kegiatan bursa kerja yang dilaksanakan STMIK Widya Pratama, karena telah berkontribusi dalam penanganan masalah pengangguran di Kota Pekalongan.

"
Harapan kami job fair yang diikuti oleh 27 perusahaan dengan 620 lowongan kerja ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh pihak perusahaan dan warga masyarakat Kota Pekalongan. Karena perusahaan/pengguna tenaga kerja bisa memperoleh calon tenaga kerja sesuai kompetensi yang dibutuhkan. Bagi pencari kerja juga diharapkan bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Kami juga berharap formasi yang dibutuhkan tersebut bisa diisi oleh mayoritas warga Kota Pekalongan," pungkasnya. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: