Awas Penyakit Kulit dan Diare

Awas Penyakit Kulit dan Diare

**Paska Banjir

Setiawan Dwiantoro.

KAJEN - Penyakit kulit dan diare rentan menyerang warga paska banjir melanda sejumlah desa di wilayah pesisir Kabupaten Pekalongan. "Paska banjir kita antisipasi penyakit kulit dan diare," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan Setiawan Dwiantoro, Jumat (13/3/2020).

Disebutkan, paska banjir Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan terus melakukan pemantauan di wilayah terdampak banjir. Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya masih terus melakukan upaya pengobatan melalui kegiatan Puskesmas keliling.

"Kaporisasi sebagian sudah dilakukan. Disinfektan juga sudah dilakukan," ujar Wawan.

Menurutnya, upaya terpenting untuk mengantisipasi penyakit di daerah paska banjir adalah menggiatkan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat (PHBS). "Dari awal saat terjadi pengungsian kita sudah sampaikan kepada pengungsi paska bencana jika sudah pulang ke rumah nanti tolong bersihkan lingkungannya dulu. Semua dicuci bersih. Alat masak dicuci bersih. Tempat-tempat yang digunakan untuk masak dicuci bersih, air yang digunakan juga air yang bersih. Ini agar terhindar dari penyakit diare dan lainnya," ujar dia. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: