Balai Desa Gondang Diserbu Ratusan Warga

Balai Desa Gondang Diserbu Ratusan Warga

*Urus SKU untuk Bantuan Stimulan UMKM

WONOPRINGGO - Sudah tiga hari ini, warga Gondang, Kecamatan Wonopringgo, berbondong-bondong mendatangi balai desa setempat untuk mengajukan permohonan pembuatan Surat Keterangan Usaha (SKU). Ratusan warga yang mengaku sebagai pelaku usaha itu rela mengantre demi mengurus persyaratan mendapatkan bantuan stimulan UMKM yang diluncurkan pemerintah pusat.

Kepala Desa Gondang, Ridwan, mengatakan, warga sudah tiga hari ini berbondong ke balai desa meminta pihak kelurahan agar membantu mendaftarkan sebagai penerima bantuan tersebut.

"Ini karena ada kabar dari Disperindag akan ada bantuan untuk UMKM, banyak masyarakat yang datang untuk mengurus surat keterangan usaha dari dibalai desa," ungkapnya, Kamis (3/9/2020).

Disampaikan Ridwan, per Rabu (2/9/2020) kemarin, Pemerintah Desa Gondang total telah menerbitkan 149 SKU untuk warganya. "Belum termasuk yang hari ini (Kamis -red)," imbuhnya.

Ridwan mengaku prihatin dengan kondisi UMKM yang terpuruk sejak adanya pandemi Covid-19. Banyak aktivitas usahanya yang tidak berjalan, atau kalaupun tetap berooperasi, hasilnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya istilahnya kasian, karena banyak yang terdampak dari covid tersebut, banyak usaha yang macet. Mungkin dengan adanya bantuan ini dapat sedikit meringankan mereka," jelasnya.

Kata Ridwan, mayoritas warga Gondang sendiri merupakan kalangan menengah ke bawah yang usahanya selama pendemi dirasa kurang mencukupi kebutuhan hidup. Kendati ada bantuan dari pemerintah, namun nyatanya belum mampu membantu waga secara keselurahan.

"Usaha kecil sendiri mulai dari usaha buat tempe, buruh batik, buruh jahit, penjual di pasar dan usaha kecil rumahan. Jadi ya tentu mengharapkan bantuan tersebut," terangnya.

Selain itu, kata dia, semua bentuk bantuan langsung tunai baik dari tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten sudah tersalurkan semua. Ia berharap bantuan UMKM ini juga bisa mengcover warganya yang memang membutuhkan dari segi usaha agar bisa menjalanan usaha mereka kembali.

"Alhamdulillah, sudah 70% tersalurkan bantuan di sini. Dan mungkin ini sisanya para usaha kecil dan menengah biar terbantu juga," tutupnya. (ap3)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: