Bangkitkan Semangat Literasi Anak

Bangkitkan Semangat Literasi Anak

BELAJAR - Aktivitas anak-anak Desa Kedungjaran saat belajar di Perpusdes Kedungjaran.

SRAGI - Keberadaan Perpustakaan Desa (Perpusdes)Kedungjaran saat ini telah mampu membangkitkan semangat literasi kepada masyarakat khususnya anak-anak di Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi. Aktivitas membaca, meminjam buku, hingga belajar rutin dilaksanakan anak-anak di Perpustakaan milik Pemerintah Desa Kedungjaran ini.

Kepala Desa Kedungjaran, Sarodji, melalui Sekretaris Desa Kedungjaran, Laelatun Nadhifa, menuturkan Perpustakaan Desa Kedungjaran telah beroperasi layaknya perpustakaan lainnya. "Alhamdulillah sudah ada petugasnya, lengkap dengan buku, juga komputer untuk menunjang kegiatan perpustakaan," ujarnya.

Diungkapkan, latar belakang pendirian Perpusdes ini adalah dalam rangka membangkitkan semangat literasi bagi anak-anak desa. "Memang di sekolah-sekolah ada buku bacaan, tapi ketika anak di rumah juga perlu ditunjang untuk mendukung pengembangan pendidikan kita," tuturnya.

Pihaknya juga mengaku telah mendapat sejumlah bantuan buku maupun komputer dari berbagai pihak, mulai dari Perpusnas hingga Yayasan milik Perusahaan Microsoft.

Tak hanya itu, selain melayani fasilitas meminjam buku, pihaknya juga membuka kegiatan bimbingan belajar gratis yang dapat diikuti oleh anak-anak Desa Kedungjaran dan sekitarnya.

"Alhamdulillah untuk bimbingan belajar juga sudah berjalan. Pembimbingnya adalah dari relawan yang memang bersedia membantu di Perpustakaan Desa Kedungjaran ini," tandasnya.

Kini pihaknya berharap, keberadaan Perpustakaan Desa Kedungjaran dapat semakin meningkatkan semangat literasi dan mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia di Desa Kedungjaran Kecamatan Sragi. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: