Begini Cara Merawat Mobil Matik Biar Awet

Begini Cara Merawat Mobil Matik Biar Awet

Belakang ini mobil bertransmisi automatik (matik) banyak diminati oleh banyak masyarakat karena memiliki kemudahan saat dikemudikan.

Namun, mobil tersebut perlu dirawat agar performanya bisa terjaga dengan baik.

Technical Specialist PT. Pertamina Lubricants (PTPL), Brahma Putra Mahayana mengatakan pemilik mobil matik harus rajin untuk mengecek bagian oli transmisi.

Sebab, jika terjadi kebocoran pada komponen itu, maka akan berakibat fatal.

Dia menjelaskan tanda-tanda kebocoran pada komponen itu seperti ketika melakukan perpindahan tuas timbul suara kasar pada bagian transmisi.

"Saat ingin memindahkan tuas dari P ke D tiba-tiba muncul suara dan getaran, atau bahkan saat tuas transmisi dipindah dari N ke D, atau N ke R. Itu harus waspada terutama jika timbulnya suara ini secara terus menerus," kata Brahma Putra dalam keterangan resminya, seperti diberitakan JPNN.

Dia menjelaskan, kebocoran pada cairan transmisi jangan dianggap sepele.

Pasalnya, oli transmisi pada mobil matik sangat vital karena kendaraan itu tidak bisa bekerja dengan sempurna jika volumenya berkurang.

"Volume oli transmisi harus pas agar bisa berfungsi dengan baik, jadi sedikit saja kebocoran transmisi pada mobil matik bisa menimbulkan masalah serius," ungkapnya..

Biasanya, ketika masalah ini terjadi mobil dalam keadaan dingin transmisi tidak berfungsi atau mobil tidak mau jalan.

Sementara ketika mesin panas, mobil baru berjalan normal. Penyakit seperti ini sering terjadi pada tahapan lanjut.

"Bagi pengguna mobil matik, diharapkan selalu rutin melakukan pengecekan terhadap transmisi, terutama mengganti oli transmisi sesuai dengan anjuran pabrikan mobil," ujar dia.

Untuk meminimalisir hal tersebut, pemilik disarankan untuk melakukan perawatan berkala pada mobil itu setiap setiap 20.000 km.

"Pada mobil matik, system transmisi juga bisa mengalami keausan, imbasnya akan ada partikel misalkan kotoran seperti debu halus yang merupakan produk keausan tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: