Berbakat, Surya Laras Makin Eksis

Berbakat, Surya Laras Makin Eksis

TAMPIL - Grup Seni Karawitan Wayang purwo Surya Laras SMK Muhabat saat tampil dalam kemah HW SMK Muhabat di Selopajang Blado.

BATANG - Grup Seni Karawitan Wayang Purwo SMK Muhammadiyah Batang (SMK Muhabat) semakin eksis. Pasalnya grup karawitan yang mayoritas diikuti oleh siswa jurusan Akutansi ini kerap tampil di beberapa acara di Batang. Seperti beberapa waktu lalu saat kegiatan Kemah Hizbul Wathon Qobilah SMK Muhabat di Selopajang Timur Blado,17 Oktober lalu.

Bahkan penampilan Surya Laras mendapatkan sambutan yang meriah dari warga sekitar. Bahkan mereka juga mengapresiasi para siswa yang menggunakan wayang berbahan dasar kardus.

Kepala SMK Muhabat, Harliyandi Iqbal N SPd, menjelaskan Surya Laras ini didirikan untuk mewadahi siswa mereka yang mencintai kebudayaan lokal. Sekaligus menjadi wadah untuk melestarikan kebudayaan lokal.

"Alhamdulillah grup yang berbasis kebudayaan lokal sekolah kami semakin eksis dan mendapat perhatian dari banyak pihak. Tujuan kami ingin melestarikan dan menanamkan kecintaan pada budaya lokal khususnya untuk siswa kami. Harapannya pesan ini juga dapat tersampaikan kepada masyarakat, agar bersama-sama bisa menjaga tradisi kebudayaan lokal," jelasnya.

Dalam acara kemah tersebut, juga dihadiri beberapa pihak. Seperti pramuka SMK N 1 Blado beserta pendamping, tokoh masyarakat, tokoh agama, Komandan KOKAM Batang, Pimpinan Lazismu Batang, Perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kab. Batang dan warga sekitar masyarakat selopajang timur dan lurah yang juga menyaksikan acara ini.

"Ucapan terima kasih kepada pada donator dan sponsor kegiatan ini antara lain dari Lazismu Batang, BPRS Arta Surya Barokah dan BTM Batang yang telah mendukung kegiatan perkemahan kerabat HW Qobillah SMK Muhammadiyah Batang, Tak Lupa kepada Perwakilan PDM Batang Bapak H Sugito Hadisastro MSi mantan Kepala SMK N 1 Batang yang berkesempatan hadir memberikan sambutan dan membuka acara tahun ini," sambung Iqbal.

Pembina Hizbul Wathon, Dimas Fajar juga mengapresiasi penampilan grup surya laras dalam kemah kali ini. Dengan penampilan ini juga menunjukkan bahwa anggota Hizbul Wathan juga turut menjadi bagian sebagai generasi yang mencintai budaya lokal.

"Saya atas nama Pembina Hizbul Wathan sangat berterima kasih kepada Ki Dalang H. Kusnan Riyanto, S.Pd yang telah bersedia mengisi acara perkemahan HW qobillah SMK Muhammadiyah Batang tahun ini melalui pagelaran wayang purwo, acara begitu meriah dengan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat dan warga sekitar," ucapnya.

Tantangan kedepan yang harus dihadapi oleh siswa milineal saat ini adalah bagaimana bisa mempertahankan dan melestarikan kebudayaan yang dimiliki, SMK Muhammadiyah Batang sangat intens didalam pembentukan Pendidikan Kharakter peserta didik guna mewujudkan komitmen bersama didalam mewujudkan lulusan yang siap kerja dan bermental Islami.

"Harapan besar dengan berbagai macam kegiatan yang dimiliki siswa kami bisa memperkenalkan SMK Muhammadiyah Batang dimasyarakat luas, tidak hanya itu pula prestasi demi prestasi yang diraih membuktikan bahwa sekolah ini tetap bisa diperhitungkan," imbuh Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Saeful Humam. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: