Berkonsep Kekinian, Plataran Food and Gallery Diharap Dongkrak Ekonomi UMKM

Berkonsep Kekinian, Plataran Food and Gallery Diharap Dongkrak Ekonomi UMKM

TENGOK STAN - Bupati Wihaji beserta istri menengok stan Plataran Food and Gallery.

BATANG - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Batang membuka Plataran Food and Gallery. Sentra Kuliner dan ekonomi kreatif yang bertempat di Jalan Dr Wahidin nomor 52 Batang itu secara resmi dilaunching Bupati Batang Wihaji.

Mengusung konsep kekinian, Plataran Food and Gallery menghadirkan 20 stan makanan, dan beberapa stan kerajinan UMKM Batang. Kehadirannya diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, baik di UMKM makanan maupun kerajinan.

"Ini merupakan tempat bagi pecinta kuliner binaan dan inovasi Deskranasda yang semua penjualnya orang Batang," kata Wihaji, usai meresmikan Plataran Food and Gallery, Jumat (27/12) malam.

Plataran tersebut memberikan ruang bagi wirausaha baru di bidang kuliner, dengan konsep milenial diharapan menjadi destinasi baru dengan ragam kulinernya. "Pas sekali untuk nongkrong anak muda, keluaraga dan sahabat dengan harga terjangkau sajian menunya dari tradisional dan modern," terang Wihaji.

Ketua Dekranasda Batang, Ny Uni Kuslantasih Wihaji mengatakan, Plataran Food and Galery merupakan terobosan dari Dekranasda untuk membangkitkan pengusaha baru melalui usaha kuliner dan ekonomi kreatif.

"Drakranasda kita mempunyai kewajiban untuk membangkitkan Usaha Kecil Menengah dan UKM, dan Industri Kecil Menengah (IKM) dengan memotivasi, memfasilitasi dan mempromosikannya," ujar istri Bupati Batang tersebut.

Dijelaskan pula, Plataran Food and Galery untuk mendukung tahun kunjungan wisata sebagai heaven of Asia. "Kabupaten Batang sudah menjadi tujuan wisatawan, dengan banyaknya kuliner maka beragam pilihan yang akan memanjakan lidah penikmat kuliner," jelasnya

Tempat kuliner dengan konsep millenial ini pun didukung dengan cara pembayaran non tunai. Dekranasda sudah bekerja sama dengan aplikasi pembayaran non tunai dari BUMN, Link Aja. Dengan pembayaran non tunai ini bisa mempermudah konsumen untuk tidak ribet menyiapkan uang pas dan memiliki kemudahan lainnya, karena bisa diakses menggunakan smart phone.

"Plataran Food and Galery buka mulai pukul 16.00 Food samapai malam dengan stan kuliner sebanyak 20 UKM, untuk IKM galery ada 30 stan," jelasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: