Berlomba Menulis Esai dan Puisi

Berlomba Menulis Esai dan Puisi

*HUT ke-398 Kabupaten Pekalongan di SMPN 5 Sragi

SRAGI - Perayaan HUT ke-398 Kabupaten Pekalongan di SMPN 5 Sragi kali ini berbeda dari biasanya. Moment tersebut diisi dengan kegiatan menulis esai dan puisi dengan tema pendidikan di masa Pandemi Covid 19.

Demikian disampaikan Kepala SMPN 5 Sragi Margiati SPd MPd kepada Radar Pekalongan, Kamis (27/8/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru dan TAS SMPN 5 Sragi di ruang perpustakaan. Media yang digunakan adalah tablet dengan aplikasi google classroom. Kepala sekolah membuat kelas dan mengundang semua guru dan TAS menggunakan email.

"Alhamdulillah guru dan TAS sangat antusias dengan ajang ini, jadi lebih bersemangat untuk menghasilkan karya," ungkap Margi.

Kegiatan yang diselenggarakan dari pukul 08.30 -11.30 ini berjalan dengan lancar dan penuh semangat. Kain kebaya bagi perempuan serta sarung dan baju koko bagi laki laki yang dikenakan siang itu tidak menghalangi giat peserta tapi justru gembira bisa tampil unik dan lain dari keseharian.

Saat kegiatan hampir ditutup, separo lebih guru dan TAS sudah berhasil menyusun esai atau puisi mereka dengan baik, dan mengirimkannya ke grup kelas.

"Kita share ke grup kelas, jadi tidak hanya guru yang bisa baca namun siswa juga, meskipun tubuh tidak bisa bersama namun kami yakin siswa-siswi SMPN 5 Sragi juga merasa bahagia dengan adanya peringatan hari jadi Kabupaten Pekalongan ke-398 di sekolah," imbuhnya.

Terakhir dilakukan pemotongan tumpeng sederhana sebagai wujud syukur atas kemudahan dan keselamatan keluarga besar SMPN 5 Sragi.

"Saya selaku kepala sekolah cukup puas dengan kegiatan positif yang dilakukan siang ini. Acara ini saya gagas dengan tujuan untuk membiasakan budaya literasi bagi guru dan karyawan. Menulis merupakan bagian dari kegiatan literasi yang harus terus diasah.

Makin sering kegiatan serupa dilakukan maka budaya membaca dan menulis bagi guru dan karyawan makin terpelihara. Ke depan ajang seperti ini akan lebih sering kita lakukan," pungkas Margi. (mal)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: