Biar Selalu Sehat, Lansia Diajak Senam

Biar Selalu Sehat, Lansia Diajak Senam

SENAM - Warga Lansia dari Kelurahan Kergon Bendan sedang senam di halaman Rumah Riyanto, Jumat (8/3). ABDURROHMAN

KOTA PEKALONGAN - Di usia yang sudah tidak muda lagi, para lanjut usia (Lansia) harus berperilaku hidup sehat, salah satunya caranya dengan senam secara rutin. Tujuannya biar selalu bugar, tidak pikun dan sehat.

Hal itu terungkap dalam senam sehat pagi di halaman rumah Caleg DPRD Provinsi dari Partai Berkarya, Riyanto SIP, SH pada Jumat (8/3). Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut diikuti warga Kergon Bendan. Mereka tampak kompak mengikuti tiap-tiap gerakan yang diinstrukturi, Yuli asal Kramatsari.

Riyanto menjelaskan, selain untuk kesehatan para lansia, kegiatan itu juga sebagai ajang silaturahim antar warga RW 16 bendan kergon. "Kita saling berdiskusi mengenai kegiatan kelurahan Bendan Kergon
," ungkapnya.

Riyanto mengungkapkan, usia lanjut adalah suatu fase kehidupan yang pasti akan dialami oleh semua orang yang dikaruniai umur panjang. Untuk menjadi tua tidak dapat dihindari setiap manusia, tetapi bisa berusaha untuk menghambat kecepatan waktu tersebut. "Salah satu upaya untuk menghambat adalah dengan melakukan olahraga, salah satunya senam," bebernya.

Agar tetap sehat di usia lanjut, sambunnya, Lansia harus tetap menjaga kesehatan serta berolahraga secara teratur. Salah satu olahraga yang sesuai dengan usia lanjut adalah senam. "Jadi kegiatan ini saya prakarsai supaya warga sekitarnya khususnya lansia tetap sehat
."

Manfaat yang dapat diperoleh dari senam ini, kata Riyanto, adalah untuk memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia, meningkatkan kesejahteraan psikis dan fisik lansia. Sehingga dapat lebih menikmati hidupnya, dengan mengikuti senam lansia efek minimalnya adalah lansia merasa bahagia, bisa tidur dengan nyenyak dan pikiran tetap segar.

"Menjadikan warga kelurahan bendan kergon terutama lansia tetap sehat, sehingga dapat meningkatkan kwalitas hidup mereka," pungkasnya. (dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: