New Normal Bidang Pendidikan Perlu Didukung Kedisiplinan Semua Pihak

New Normal Bidang Pendidikan Perlu Didukung Kedisiplinan Semua Pihak

Sabar Mulyono
Kabid Dikdas Disdikbud Batang

BATANG - Disdikbud Batang hingga kini masih menunggu kebijakan terkait New Normal Bidang Pendidikan. Kepala Bidang Dikdas Disdikbud Batang, Sabar Mulyo menjelaskan kebijakan new normal di bidang pendidikan masih melihat perkembangan Covid-19. Menurutnya, pemberlakuan New Normal di bidang pendidikan ini tentunya perlu didukung berbagai pihak. Tak hanya sekolah, tetapi keluarga dan juga masyarakat.

"Walau tahun pelajaran 2020/2021 dimulai tanggal 13 juli 2021 bukan berarti siswa harus berangkat sekolah. Bisa saja kebijakannya masih belajar jarak jauh tergantung dari covid-19," jelasnya.

Jika New Normal akan diberlakukan, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Khusunya ketika kegiatan anak-anak ketika akan berangkat atau pulang sekolah.

"Masalah yang harus diperhatikan ketika anak berangkat atau ketika mereka pulang sekolah. Terlebih ketika mereka berangkat dengan angkutan umum, ketika beli jajan di luar sekolah atau hal lainnya. Karenanya hal yang di luar sekolah ini perlu menjadi tanggung jawab dan didukung seluruh elemen, baik orang tua, keluarga dan masyarakat," jelasnya.

Untuk sekolah sendiri, pihaknya sudah berusaha untuk melengkapi sarana prasarana sesuai dengan protap kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi rutin kepada siswa meskipun saat ini tengah melakukan kegiatan belajar di rumah.

"Jika di sekolah insyaallah protokol kesehatan bisa dilakukan. Kami juga sudah edukais dan sosialisasi terus ke siswa terkait protap pencegahan Covid-19. Sekolah juga sudah berusaha untuk melengkapi fasilitas pendukung, seperti menyedikan tempat cuci tangan dan lainnya," imbuhnya.

Ia berharap, jika akan benar diterapkan maka diperlukan kedisiplinan semua pihak. Khususnya dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari sesuai dengan protokol kesehatan.

"Inti dari pelaksanaan new normal tergantung kedisiplinan semua pihak dalam melaksanakan protokol kesehatan. Dalam pendidikan sendiri khususnya terpusat pada keluarga, masyarakat dan juga sekolah," tutupnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: